Mamanya Alice ..

Beberapa waktu yg lalu sih saya sudah pernah share mengenai hal ini, tapi gak ada salahnya kalo saya reshare ke mbak ... kebetulan saya masih simpen nih .......... ada bbrp koreksi sih, tapi intinya sama

"Jangan terlalu cemas ... Raihan juga pernah jatuh .. 8 bulan dari tempat tidur setinggi 80 cm & 10 bulan terjun dari pintu boxnya setinggi lebih dari 1 meter ....
waktu itu aku ke Prof. Patmo . Beliau & bbrp DsA berpendapat sama, yaitu :
semuanya berpendapat sama, selama tidak terdapat tanda2 klinis (spt:
muntah, kejang, pingsan dll) ... maka dokter tidak bisa berbuat apa -
apa. Tetapi keadaan ini harus dipantau selama 3 x 24 jam ... kalau terjadi
sesuatu seperti muntah ato pingsan ... harus segera dibawa ke rumah sakit
Malahan waktu Raihan jatuh dari box, setelah 1 minggu jidatnya bengkak dan
seperti ada cairan didalamnya. Salah satu DSA menyarankan utk disedot,
tapi ketika saya konsul ke Prof. Patmo itu ... dia dengan tegas (bahkan
berani kasih surat jaminan) bahwa itu akan kempes dengan sendirinya setelah
10 harian. Jika tidak ada tanda klinis, Prof. Patmo sama sekali tidak
menganjurkan balita utk di sedot, CT scan apalagi x-ray. Karena justru
dapat mengakibatkan efek samping yg lain. speti:
1. Kalo disedot, maka kalsium dan cairan2 lain yg telah dia bawa sejak
dalam kandungan akan ikut terbawa dan hilang. Padahal cairan tsb, sangat
berguna utk perkembangan otaknya.
2. Jika di CT scan maka, anak balita(krn belum bisa diam) harus dibius
total. Dan untuk anak sekecil itu ... efek dari obat bius terkadang tidak
bisa dipastikan (beresiko)
3. Jika di X-Ray, maka justru akan merusak beberapa jaringan2 halus yg ada
di otaknya.
Begitu loh mbak sedikit share saya. Kalo mbak bisa coba diraba kepala
anaknya ... ada benjolan atau tidak. Kalo bisa kepalanya sedikit ditekan -
tekan (jgn keras-keras), kalo dia menjerit berarti ada sesuatu ... (mungkin
benjol, mungkin retak). Ato kalo mbak ragu boleh dibawa ke DSA, tapi jika
DSA menyarankan salah satu dari hal2 diatas, ada baiknya mbak konsul juga
ke dr. Syaraf Anak ... krn. menurut saya, utk urusan persyarafan spesialis
syaraf anak masih lebih expert dibanding DSA."

Kalo kasus nya mbak sih .. I assume gak ada tanda2 klinis kan mbak ya ... mending tunda dulu deh rencana CT Scannya.

Oh iya ... Prof. Patmo juga bilang, biasanya anak2 aktif itu memang diberikan semacam kelebihan yaitu mereka2 ini recoverynya lebih cepat dari pada anak2 yg kurang aktif ... jadi jangan khawatir ... tapi yah pastinya sih harus dijaga banget jgn sampe jatuh lagi.

Semoga membantu ya .. mbak ...

Sofie

PS: Alhamdulillah setelah terjun dari boxnya itu Raihan gak pernah jatuh lagi. Kalaupun Jatuh, Alhamdulillah dia sudah bisa menjaga spy kepalanya gak kena. Kalo kebentok2 kecil mah seriiiiing. Jadi it doesn't have to take 10 falls to stop a child from falling.