Mba Azizah,
Pengalaman saya kalo ada keluarga yang cantengan ...

1.  Kalo bengkak dikompres dengan RIVANOL - cairan
     bening berwarna kuning - beli di apotik/toko obat.
     Pertama-tama jari yang cantengan dibebat/dibalut
     dengan perban, lalu dikucuri dengan Rivanol.

     Kalo mau lebih cepat (asal tahan sakit), Rivanol diganti dengan
     "Arak China", seperti parem cair sich sebenarnya. Belinya
     di Toko Obat China HAW-HAW di Glodok. 1 botol +/- Rp. 30.000,-

     Jangan memaksakan memotong kuku tertalu tandas.
     Untuk kuku yang cantengan biarkan agak panjang dulu, baru
     dipotong.

2.  Kalo sudah berulangkali terjadi, karena memang kukunya tumbuh
     masuk ke daging terpaksa dech harus dioperasi.  Adik saya
     pernah melakukannya +/- 3 th yang lalu di RS. Pertamina dengan
     biaya +/- Rp. 1 Jt.  Operasi kecil sich ...

Demikian, semoga bermanfa'at ...

= Diana =