Kalo di bisnis retail ada istilah "penyelamatan" hal ini dilakukan untuk
membuat nilai sebuah barang tetap ada walaupun total nilainya mengecil.
Sebagai contoh misalkan ada sebuah retailer jual semangka bulat (dijual per
1buah semangka), suatu saat semangka nya ada pecah krn jatuh atau ada busuk
di bagian tertentu, nah daripada hilang nilai 1 buah semangka maka trik nya
dibuatlah semangka slices, apabila semangka slices udah td layak dijual
(sudah tdk fresh) maka dibuatlah juice semangka.... kalo ternyata ga laku
juga baru dibuang atau scrap.

Kalo daging...
Pertama dijual dalam 1 blok besar, kemudian dijual potongan kecil, kemudian
di giling, kemudian ... kadang dimasak kadang dibuang tergantung kondisi.

Kalo sayuran...
Pertama dijual kiloan atau diiket, kemudian dijual dalam bentuk paket
misalkan paket sayur sop atau paket sayur asem kemudian kalo ga laku juga
bisa dimasak atau dibuang, silakan diperiksa aja kalo misalkan hari ini beli
opor ayam nah 2-3 hri kemudian nya beli lg deh opor ayam di tempat yang sama
silakan cek ingredient-nya pasti beda (ada yg ilang atau tiba2 ada tambahan
ingredient).

Sebetulnya sayuran, daging dan daging olahan yang dibuang masih laku juga,
dijual nya ke peternak babi dan peternak ayam kampung (khusus sayuran)

Jadi hal spt ini pasti terjadi di semua retailer, ga hanya di c4 dan jangan
merasa tertipu juga karena hal ini udah biasa, begitupun kalo beli di pasar
tradisional, akal2an pedagang di pasar tradisional lebih pinter ;-).

rgds,
rahman gunawan

"Kerjakanlah sesuatu secara tulus dan wajar, dan segalanya akan baik.
 Kesempurnaan terletak pada motivasi kerja, bukan pada pekerjaan"

-del-