Saya juga nggak punya asisten, sudah dua kali saya coba ngambil asisten
hasilnya malah bikin saya jadi susah, waktu, tenaga, pikiran  dan uang habis
hanya utk ngambil prt

Sudah hamoir 2 th saya nggak punya prt yg settle, mulanya terasa berat juga
(anak baru 1 usia 5,5 th(. Kadang-kadang juga masih ngerasain. Cuma setelah
saya review dalam penggunaan waktunya, kayaknya saya belum optimal dalam
efisiensi waktu.

Ada kalanya saya juga masih buang-buang waktu sebenarnya bisa dipake untuk
setrika atau yg lain.

Terus saya mikir daripada saya gaji prt plus biaya boos-borosnya mendingan uang
itu saya gunakan utk meringankan beban kerjaan saya.

Misalnya kalo perlu saya ambil Catering (ngerantang) atau beli jadi diluar,
kalo mau masak juga beli bumbu yang praktis (udah halus), beli peralatan rumah
tangga yg meringankan ( saya lagi cari perasan kain pel yg tinggal diinjak shg
tangan kita jadi nggak kotor ).
Terus kalo mau perlu waktu cepat utk ketemu anak pulang kerja naik taksi.

Saya juga minta kerja sama suami dan anak, suami ngerjain yg agak berat seperti
sikat kamar mandi, dan apa saja yg nggak sempat saya handle. Kadang kalo saya
masak agak berat juga saya minta suami bantuin ..eh anak juga jadi ikut-ikutan
ngebantu. Asyik juga jadi kerja bakti, kita juga jadi menikmati kebersamaan ini.

Terus saya tata ulang penggunaan ruangan di rumah utk efisiensi kerjaan.
Biasanya setrika dilantai atas. Meja setrika saya tempatkan diruang makan (ada
TV) dan dekat dapur dan dekat juga dengan mesin cuci,  dekat mesin cuci saya
pasang tali jemuran darurat .

Jadi hampir semua kerjaan rumah bisa dikendalikan disatu tempat jadi dalam satu
waktu saya bisa ngerjain 2, 3 kejaan sekaligus.
Misalnya sambil setrika bisa menemani anak makan.

Ada teman yg cerita ada tetangganya punya rumah lumayan besar, tapi dia set
dengan kebutuhan efisiensi waktu. Pas buka pintu rumah langsung dapur, meja
makan, tempat cuci, semuanya tumplek disitu. Tapi karena strategis ruangan ini
tetap bersih.

Terus kerja di rumah juga ngggak harus setiap hari, cuci setrika seminggu
sekali, masak juga bisa utk beberapa hari, kalo ada waktu luang kita bisa
menyiapkan (membersihkan, memotong-motong) bahan masakan utk siap diolah
besok-besoknya

Buat sih saya sekarang ini justru tanpa asisten kerjaan dirumah jadi simple,
perasaan juga nyaman nggak ada ganjelan. Saya merasa enjoy dan merasa lebih
sehat begitu juga dengan anak dan suami, saya sangat bersyukur dengan tearakir
ini.

Ma'af kepanjangan sharing pengalamn saya di rumah ;)