Ngga usah berkecil hati mom andrew, yang namanya gonta-ganti suster,
gonta-ganti pembantu, sampe yang pembantu kabur melarikan uang saya juga
pernah. Yang betah sampai 3 tahun juga ada. Yang keluar baik-baik banyak, yang
cuma bertahan 1 jam (belum sempat ngerjain apa-apa, malah saya belum sempet
ngomong apa-apa, sudah minta pulang) juga ada.
Yah, anggap saja sebagai realita. Karena kesimpulan saya, sebaik apapun kita
sama suster/pembantu, tetap saja orang lain, walaupun sudah diperlakukan
seperti keluarga mereka punya masalah sendiri (dengan keluarga, dikampungnya,
sreg ngga sreg dengan majikan, itu kan subjektif, biarpun kita sudah baik,
belum tentu juga mereka senang, jadi ya wajar2 sajalah, ngga usah keterlaluan
baiknya, soalnya pernah juga saya keterlaluan baik, gaji dinaikkan melebihi
standard, dikasih oleh2 mahal dari LN, pastikan mereka ga kecapean dll,
dibeliin baju, dikasih kosmetik, dikasih libur, diajak makan direstoran mahal,
mau jalan2 dikasih uang, malahan disuruh plesiran ke dufan/nonton bioskop
segala, tetep aja pengen pulang)
Sekarang sih saya realistis aja, kalo ada suster/pembantu minta pulang ya
boleh2 aja, tapi setelah ada gantinya, overlap beberapa hari untuk handover.
Monitor terus mereka karena pada dasarnya ngga ada yang bisa dipercaya. Amankan
barang2, pastikan anak tidak dijahati, kalo perlu pasang monitor (saya sih
belum sampe se-ekstrim ini). Kalo bisa sih cari yayasan yang ada perjanjian
ganti sampai 6 bulan (karena kalo seorang suster bertahan sampai 6 bulan dan
kita harus ambil baru lagi – bayar admin fee, saya anggap sudah bagus deh,
soalnya kalo bertahan sampai 6 bulan itu sudah lumayan,.. he,.. he..). saya
juga cari yayasan yang admin feenya ngga terlalu mahal, dan kalo bisa
berdasarkan referensi teman/sodara. Perlakukan suster/pembantu secara baik
seperti sodara, tapi ya sewajarnya saja, ngga usah terlalu baik, nanti
ngelunjak.

Mungkin bisa coba di yayasan ini : Setia Mandiri, dengan ibu Ning 75873405. Ini
saya dapat dari referensi teman kantor dan saat ini saya juga dapat susternya
alyssa dari sana. So far bagus, walaupun belum lama karena suster yang lama
disuruh pulang sama keluarganya.
Biasanya saya ambil dari yayasan Ida Ayu, suster alyssa yang pertama bagus dan
tahan lama tapi akhirnya married. Sampai sekarang masih berhubungan baik. Yang
kedua eks Ida Ayu juga, bagus, tahan cukup lama. Tapi akhir2 ini cari di Ida
Ayu jarang dapat orang yang pengalaman. Ya, untung2an kalo pas ada bagus.

Regards,
ratna

Yahoo! Movies - Search movie info and celeb profiles and photos.
http://sg.movies.yahoo.com/

Kirim email ke