Hi Irfan's dad,

Nabilah-ku (7.5), dari kecil emang sering batuk-pilek, dan bunyi nafasnya
ngik2.  Wkt di Indonesia, seringnya dikasih antibiotik, sama obat batuk
racikan, kadang2 diinhalasi juga.
Dulu pernah dites alregi di Prodia, ternyata dia alergi debu.

Trus stlh di Oz, ya masih gitu, terutama kalo winter.  Dites alergi komplit,
tetep masih alergi debu, sama grass, pollen.
Sebenernya ada keturunan asma juga dr bapak mertua.
But, it doesn't matter anymore, where asma comes from.

Akhirnya dia ditangani sama ahli asma disini.  Kita harus mengikuti prosedur
asthma plan, bisa dicari di www.asthma.org.  Krn penderita asma disini
lumayan banyak, tertutama anak2, dan jadi serius menjelang dan selama
winter, semua sekolah udh tau standar cara menangani anak asma.  Dan tujuan
asma plan adl kita hrs ngontrol asma, bukan sebaliknya, so anak2 tetep bs
menjalankan akyifitas ehari2 spt anak2 lain.

Jadi kalo pas asthma attack, kita hrs semprot ventolin (reliever), slm
interval ttt.  Kalo blm mambaik, bawa ke UGD, disana dikasih steroid sama
Oksigen.
Kmd, utk mencegah terjadinya asma, menjelang winter kita hars semprot
preventer.

Wah...bingung deh ngejelasinnya.  Saya punya banyak artikel ttg asma, tapi
di rmh (ini lagi kerja).

Ttg anak asma gak boleh cape, itu sptnya misleading.  Nabilah ikut renang,
netball, chess club, cross country.  Tp sblm olahraga berat, hrs disemprot
ventolin dulu, dan guru2nya udh tau dan punya daftar anak2 penderita asma.

So take it easy.  Dan usahakan jangan mau dikasih antibiotik kalo ke dokter,
krn gak ada hubungannya dg antibiotik.  Yg efektif, ya obat semprot, krn
langsung ke paru2.

Mudah2an membantu

Ayahnya irfan, coba bantu ya.....aku juga punya saudara sakit asma, memang
dari kedua orang tuanya tidak punya penyakit asma, tapi dari salah satu
kakek atau neneknya ternyata ada yang berpenyakit asma. Tapi untuk lebih
pastinya lebih baik raissha dibawa kedokter spa aja. Karna setau saya kalau
Asma itu tidak boleh capek.......dan itu yang memacu timbulnya sesak napas.
( Bagi yang menderita penyakit Asma ).
Sent from my BlackBerry(r) wireless device