wah keren...salut dech...moms cari cara untuk ngajarin anaknya...jdi pengen
niru....tapi nasya masih 8 bulan...belum bisa ya

-----Original Message-----
From: nopi krismayanti [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, August 09, 2007 12:05 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] satu jam bisa ngajarin 3 hal

Moms/Dads, ini cerita saya ttg anak sulung saya Shasa (3,5) , abis lagi pada
rame cerita ngajarin anak sih jadinya nyambung juga.

Shasa baru masuk sekolah kurang dari 1 bulan, masih masa penjajakan.
Sekolahnya ada pr seminggu sekali, isinya nulis huruf latin dan mewarnai.
Ada juga pelajaran yang harus diulang setiap hari bergantian, belajar membaca
latin, dan belajar iqro.

Belum lagi do'a - do'a yang harus dia hafal...waks banyak banget dech. Sempat
berpikir juga "Shasha mampu ga ya ?"
Setiap hari orang tua dapat buku catatan untuk mengulang pelajaran sekolah,
jumat kemarin di catatan itu di tulis "Shasa tidak mau membaca".
Berasa kebakaran jenggot karena terus terang lumayan rajin mengulang walaupun
dengan kondisi harus lihat mood nya shasa.
Diskusi sama suami , apa yang harus dilakukan, sempat 2 hari agak sedikit keras
mengajari shasa , tapi dia malah tambah ogah ogahan. Wah bukan solusi nih ...

Besoknya ke sekolah shasa , sempat ngobrol sama bu guru, nunggu di dalam kelas
lihat dia di kelas spt apa. Soalnya si bu guru bilang shasa sama sekali ga mau
belajar , banyakan becanda, sulit dinasehati , malah kadang bu gurunya yang di
marahin. Alamak berasa merah muka.

Tapi bener kata bu gurunya , shasa memang ga mau diem, becanda terus sama
temennya terutama anak laki-laki (hehehe....). naik-naik meja, di tegur sama bu
guru cuek aja. Ga dengerin kalo bu guru lagi nyanyi lagi cerita, dia tetep cuek
aja. Wah .... aku sempet parno juga, negor dia tp aku di cuekin juga.

Akhirnya aku keluar sambil mikir apa yang ga "match" sama dia di kelasnya.
Baca sana sini ttg cara mengajari anak, curhat juga ama dewi (angina mom).
Akhirnya aku coba mau ngajarin dia dengan cara yang lain di sekolah, kayak gini
nih :
1. Aku bikin huruf dan bacaan sesuai buku petunjuk dari sekolah, tapi aku bikin
huruf yang lebih besar, aku print beberapa lembar. Tujuan ku buat ngajarin dia
baca huruf latin.
2. Aku print cerita bergambar dari web site http://arisprasetya.net ttg
bagaimana memberi salam , tapi dalam bentu komik. Tujuannya buat ngajarin dia
ttg etiket dan belajar berdoa.
3. Aku sediain kertas A4 plus spidol besar . Tujuannya buat ngajarin dia
belajar menulis huruf hijaiyah.

Niat banget pulang kantor lebih cepat dari biasanya, nyampe di rumah istirahat
bentar, abis beres-beres, solat magrib, makan baru dech bersiap belajar sambil
bermain. Ada teori katanya kalo mo ngajarin anak jangan pas pulang kerja
langsung belajar, mood kita lagi ga bagus , lebih cenderung masih stress karena
kerjaan. So... harus sempetin istirahat dulu.

Kemarin kalo mo belajar aku kunci kamar supaya shasa ga keluar-keluar, hari ini
aku ga kunci kamar. Pertama ajakin si mba nya juga buat belajar , si mba pegang
lidi, shasa juga pegang lidi buat nungjuk huruf-huruf yang di baca. Masih
sambil main aku bilang sama si mba " Mba bisa baca ga ? Kaka shasa udah pinter
lho, coba ka kasih tau mba nya yang mana bacaaan 'ba'.... "
Nah si kaka bergaya kayak bu guru tuh, "mba yang ini bacanya ba, yang ini baca
nya ca, ... mba bisa ga ngga? " ...hihihi...terbukti moms dia bukan ga bisa
tapi emang ga mau kalo di suruh belajar terlalu seriuas, harus duduk manis dan
bla bla. Shasa lancar ...dan hafal bacaan a, ba, ca, da..... cukup untuk hari
ini hanya perlu waktu ga sampai 15 meni.

Dah gitu aku biarin dia main main sama adiknya.
Kertas yang tadi aku bawa ke kamarnya dia, aku tempel di dinding kamar,
maksudnya kapan pun dia lihat dia bisa sambil mengingat huruf itu.

Ok dilanjut ronde ke 2.
Aku bawa kertas dan spidol besar, belum apa apa shasa udah tertarik.....sambil
terus nguntit aku yang masih sibuk nempelin kertas.
"Bunda pinjam donk spidolnya kaka mo gambar gambar "....
"Sini ka kita bikin tulis-tulis".... aku contohin satu tulisan 'a' dalam huruf
hijaiyah.
"Coba kaka bikin tulisan ini, ekh tapi ini bacanya apa ya ?".... memancing dia
buat baca.
"Ini kan a bunda, sini kaka bisa kok bikinnya"....... mulai menulis tuh shasa,
tulisannya diikutin walau pun masih bengkok dan antara huruf alif dan kasrah
nya masih nempel , jadinya kayak huruf T... tp aku kasih penghargaan.
"Wah kaka hebat ....dapat 2 bintang dari bunda".....sambil pura pura ambil
bintang dari atas trus di tempel di dadanya dia (ngikutin bu guru di TPA nya
dia dulu)
Wikikikkkk,....shasa seneng banget.
"Bunda kaka sudah besar kan, bisa bikin 'a'"..... betul donk shasa hebat .

Trus dilanjutin aku kasih contoh bikin huruf ba , ta, dalam bentuk
hijaiyah......alhamdulillah lho....di bisa dan belajar dengan senang, sampai
sampai aku suruh berhenti karena udah waktunya tidur dia ga mau , masih mau
tulis tulis....

Ok dilanjut ronde ke 3.
Sekarang waktunya bercerita , aku kasih lihat cergam yang udah aku print, trus
aku tanya "sha, ini siapa nih ?"
"Oh ini kakaknya pulang sekolah , ketemu bundanya "..... trus baru deh aku
lanjut cerita kalo pulang sekolah harus ucap salam, artinya begini
..begitu...bla bla.
Selesai cerita , dia balik cerita sambil mengamati gambarnya.....

Well moms/dads, ternyata kalo kita ngajakin anak belajar harus sambil fun, ga
ada paksaan , dilihat juga tool yang kita pake bikin dia tertarik ga ?
soalnya buku bacaan dan buku iqro yang dari sekolanya shasa hurufnya kecil
kecil bikin dia ga tertarik.
Ga nyampe 1 jam lho ... bisa ajarin 3 hal.

Terimakasih , udah mau baca tulisan yang panjang ini, mudah mudahan bisa
bermanfaat buat semua moms/dads.

Wassalam
Nopi.K

Disclaimer: Although this message has been checked for all known viruses
     using Trend Micro InterScan Messaging Security Suite, Bukopin
           accept no liability for any loss or damage arising
               from the use of this E-Mail or attachments.