Menurutku mbak harusnya anak usia 4 thn sudah mulai dikenalkan dengan
puasa, kalau dulu di sekolahan Naufal pas TK A sudah diajarkan, jadi
semisal anaknya setiap hari bawa bekal ke sekolah, pas bulan puasa ga
bolh bawa bekal, jadi selama sekolah dia berpuasa, jam 10-11 pulang
boleh berbuka, terus setelah itu puasa lagi. Pas TKB dia sudha bisa
tahan sampai jam 12.30, jadi berbukanya setelah sholat dzuhur. Nabil
adiknya Naufal juga demikian, malah Nabil lebih kuat di TK B (usia 5
thn) sudah bisa puasa penuh untuk beberapa hari. Alhamdulillah sekarang
Nabil kelas I SD mulai kemaren juga puasa penuh, semoga aja seterusnya,
tapi tentu saja mbak...selain kita ceritain manfaatnya puasa,dllnya juga
ada hadiah...

Selain itu waktu berbuka kita kasi pujian2 yang menyenangkan
hatinya...banyak moment yang bisa kita kasi pelajaran ke anak, misalnya
saat menunggu berbuka dan pas berbuka, ungkapkan bagaimana senangnya dia
ketika kelaparan dan kehausan mendapatkan makanan/minuman, kita
bandingkan dengan orang yang punya, bla-bla....

Trik lainnya adalah ketika sahur makanan yang disajikan semenarik
mungkin, intinya makanan yang mereka sukai. Biasa sebelum tidur aku
tawarin besok mau sahur ada, tentunya sesuai persediaan yang ada di
kita...

Ok mbak...intinya kita tanamkan perasaan senang dulu dihati anak untuk
berpuasa, insya allah anak2 dengan senang untuk ikutan nyoba berpuasa.

Wassalam,

Yenni