klo susunya dipanaskan bareng bahan masakan lain misal buat bikin es krim or
buat vla, kue2 gimana tuh mbak Ida?
  kan ada sdikit zat ilang juga ??

  klo susu buat bahan olahan makanan gimana dong klo udah dimasak  kandungan
gizinya yg paling ok alias ga banyak yg ilang harusnya  gimana??

Ida <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  Moms,

Menurut  sy kalau susu dipanaskan yang paling berpengaruh adalah vitamin
terutama vitamin yang larut dalam air misal Vit C & B Kompleks.  Kalau vitamin
yang larut dalam lemak seperti A, D biasanya lebih tahan  terhadap panas asal
tidak berlebihan.
Selain itu pada pengolahan  susu yang dipanaskan dapat terjadi kerusakan
protein berupa  terbentuknya pigmen coklat akibat reaksi Maillard: reaksi
pencoklatan  non-enzimatik yang terjadi antara gula dan protein susu akibat
proses  pemanasan dengan suhu tinggi yang berlangsung dalam waktu yang cukup
lama. Akibatnya adalah menurunnya daya cerna protein susu di dalam  tubuh
(CMIIW).

Regards,

Ida