Hi mbak Ade,

he..he.. nah, kalau begini jelas kira2 gambaran makanannya si kecil deh,
mbak.
Hmm... seperti e-mail saya sebelumnya, kalau memang si kecil nggak ada
masalah dengan variasi makanan, berarti ada faktor lain yang perlu 'diulik'
kenapa sekarang dia jadi rajin 'ngemut' (kalau nggak salah sudah sebulanan
seperti ini ya, mbak?)

Yang mungkin bisa jadi tambahan masukan:
- Saat ini peralihan dari 'bubur saring' ke 'bubur tim' kan, ya?  Coba
observe apa memang si kecil perlu waktu untuk adaptasi dengan tekstur 'baru'
ini?
Di lain pihak, biarpun belum punya gigi, babies tetap bisa 'mengunyah'
makanan yang agak kasar teksturnya dengan gusinya.

- Sudah dicoba untuk bubur timnya tidak dibuat campur dengan sayur dan lauk
pauknya?  Mis. semua bahan dibuat dan di-tim, tapi disajikan terpisah dari
buburnya dan disuapi sambil diseling dengan kuahnya.  Nggak lama lagi usia
10-11 bulan, coba sedikiit dengan menu nasi tim lembek dan variasi
sayur/lauk yang lain.

- Gimana responnya, kalau lihat mbak atau orang dewasa lain makan?  Coba
mungkin dengan makan barengan, kasih dia sendok dan piring makan sendiri,
isi menunya sendiri ... sama2 makan deh ... walau memang untuk yang
beginian, lantai, mainan, baju dan 'bip' si kecil juga ikutan 'makan' alias
messy :)  Tapi nggak sedikit baby yang excited banget dengan cara seperti
ini untuk habisin makanannya.

- Sudah pernah dicoba, makan di restoran/rumah makan di luar rumah with
family, bawa menunya sendiri dan coba amati aktifitas meal-timenya? Gimana
respon makannya kalau ada di lingkungan 'lain' selain di rumah?

- Gimana dengan interaksi dengan 'penyuap makan' si kecil ? Cukup telaten
kah suster/asisten di rumah suapin makanan buat si kecil. Contohnya : kalau
di rumah ada saya, jangan harap anak2 saya mau makan 'lahap' disuapi oleh
siapa pun di rumah.  Harus disuapin mamanya :)

So, mungkin memang bukan 'menu' yang jadi masalahnya, mungkin bisa lebih
fokus ke suasana makan, takaran makan, atau jadwal makannya.  Bisa juga
dicoba dulu masukan yang sudah di-shared moms lainnya sambil dimodifikasi
sesuai kondisi si kecil.

Semoga fase 'ngemut' si kecil cepat teratasi, ya mbak.  Sometimes, in this
situation, calm, relaxed and patient are often all that's required :)

maaf kalau belum juga membantu, ya mbak.
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 31-week-'bump'

-------------------------

Sylvia Radjawane <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> jagung, dll.
>
> Kalau memang tekstur dan jenis/variasi makanan nggak jadi masalahnya,
> mungkin mbak bisa coba 'taktik' baru. Observe lagi, waktu saat mealtime
> (makan berat), perut si kecil nggak lagi kekenyangan (karena baru aja
> minum
> susu atau camilan lainnya). Nggak apa2 untuk geser waktu makan sejenak,
> sampai rasa laparnya muncul. Rasa lapar kan diatur dari pusatnya di otak
> saat gula darah turun dalam kadar tertentu, nah ... mungkin dengan
> modifikasi sedikit jadwal makannya, ketemu deh waktu makan yang tepat pas

Kirim email ke