Wah...mbak Andrie lagi marah besar, nih...hehe..
ogut juga sebetulnya eneg abis ama si maling satu ini...
lebih eneg daripada ke maling yg dulu nyatronin rumah gue deh perasaan...

tapi ya sebenernya gimana,ya...
semua berpulang kepada diri sendiri,sih,ya?
di negara kita tercinta ini, para pejabat aja lebih mikirin kantong
pribadi ..jadi gimana mau mikirin rakyat (yg notabene mikirin rakyat cuma
pas kampanye doang)

trus...belanja di pasar tradisional...yahh...dengerin di tipi ngeri semua...
yang ayam tiren lah..ayam suntik lah...dan jenis ayam lainnya lagi..yg
kurang layak di konsumsi...
walhasil...berhubung harga gak beda banyak...banyaklah org merasa lebih
aman belanja di C**** or G****...meskipun gak ada jaminan juga belanja di
tempat2 itu barangnya lebih fresh???

jujur...dulu aku tertarik ama iklan pariwisatanya si negeri
jiran..sehingga pertengahan tahun ini kami sempet juga kesono..
namun setelah kesono...yg bisa dibanggain oleh mereka sebenernya cuma 2
lah...(menurut gue)...yaitu transportasi massalnya yang sudah baik dan
genting highland.
diluar itu...
wuihh..kalah jauh ama di Indo, boo...

sunway lagoon..masih kalah dibandingin DUFAN ama ancolnya..yg jelas2
kompleknya juauhh lebih gede dan oke...

mall nya? hmm..di indo juga sama aja tuhh...

alhasil...pulang dari negeri jiran..yg ada gue ngomel..hehee...
boringgg abissss....

Indonesia...banyak yg bisa dibanggakan..
cuma ya..masih banyak yg kudu dibenahin ...
padahal..indo ini negara yg asli kuaya buanget, kan?

mo apa coba? minyak? banyak tuh!
cadangan emas? wah..itu yg di papua yg diboyongin ke amrik...emas semua tuh!
perkebunan? lahan indonesia luas banget...
pantai? wahh...gua yg belum pernah ke maluku baru ampe lombok
doang...mengakui..asli...lombok aja udah indah banget...apalagi kalo liat
yg di daerah maluku sana...yg katanya lebih indah lagi...
tenaga kerja? wah...negeri jiran aja ampe import dari indo. artinya...kita
gak kekurangan tenaga kerja, kan?

yah..kalo ngomongin terus...bisa2 gua darah tinggi, nih mbak..
jadi ya...marilah kita benahin diri kita dulu...
dan aku setuju ama mbak Andrie, untuk memperbanyak pake produk indo dari
pada produk improt....

oh ya..soal wortel..pengalamanku bikin beef stew, lebih enak pake wortel
lokal daripada wotel import, lhoo...hehe..

peace ahh....

=========
Tergelitik sama 'ulah' malingsia yang konsisten menjadi maling seni budaya
negara tercinta gue Indonesia, bikin gue pengen ngluarin unek-unek yang
ada
di kepala gue. Emang nyebelin banget ulah si malingsia ini, dari rasa
sayange, jali-jali, congklak, gamelan sampe reog yang jelas-jelas ASLI
PONOROGO kok ga tau malu diklaim punya-nya dia!!! Ada yang nggak beres
neh…

Bukan mau sok nasionalis, tapi gue mengajak teman-teman sekalian, yuuukkk
kita cintai negeri kita ini, mau budayanya, makanannya, tempat wisatanya
yang utama rakyatnya yang katanya banyak hidup dibawah garis kemiskinan
dan
tiap hari tambah miskin aja, gimana caranya?? Yang paling gampang, kita
mulai dari diri kita sendiri ;

Ga usahlah tergiur sama barang-barang dengan embel-embel 'impor' dari
malingsia lah, cina lah, hong kong lah, sampe bosnia dan Somalia, cintai
produk dalam negeri (emang kedengerannya klise dan jijay bajaj, tapi punya
efek multiply lohhh). Gue ambil contoh yang paling simpel ; WORTEL!
Segimana
murahnya wortel impor, seumur-umur gue nggak pernah beli tuh wortel impor!

Dalam pikiran gue (yang nggak pinter-pinter benget ini), ngapain gue beli
wortel impor – nambah-nambah devisa negara lain, mending gue beli wortel
lokal, secara ga langsung gue bantu petani wortel yang notabene
sodara-sodara kita sendiri, ga langsung pula gue bantu supir dan keluarga
yang ngangkut wortel dari kampung nyampe ke pasar dan tentunya mbok-mbok
di
pasar or tukang sayur yang lewat depan rumah gue. See…. Itu cuman dari
wortel doang, berapa banyak sodara-sodara gue yang bisa hidup dari wortel
lokal yang gue beli (biar belinya nggak seberapa banyak he..he…)

Buat temans yang suka jalan-jalan ke luar negeri, daripada liburan ke
malingsia, singapura or kemana aja, apa nggak lebih bermanfaat liburan
menjelajahi negri tercinta Indonesia kita ini?? Jangan takut dibilang
nggak
OK karena 'cuma' jalan-jalan ke Lombok or Padang, daripada ke malingsia??
Nggak ada apa-apanya!! Ga ada bagus-bagusnya!! Again, pikirin efek
multiply
yang dihasilkan dari jalan-jalan kita yang cuma ke padang. Devisa nggak
ada
yang nyebrang ke Negara lain, Garuda nggak jadi bangkrut, Uda yang punya
hotel di padang bisa nyekolahin anaknya dan uni yang jual keripik singkong
yang uenak buanget itu bisa beli'in sepatu baru buat anaknya (ganti'in
sepatu lama yang udah blutrek itu). Bayangin, Negara tercinta NKRI ini
punya
beribu-ribu pulau, seumur hidup juga nggak bakal abis-abis kalau kita
liburannya cuman setahun sekali, jadi ngapain bikin rakyat Negara lain
tambah kaya? Nambah wawasan? Alahhhh… klise itu mah… dengan pergi 'cuma'
ke
Cirebon pun banyak kok pengetahuan yang kita bisa dapet…

Daaaaaaaannn…. Kalo pas emang ke luar negeri, daripada buang-buang duit
ber
ribu-ribu dollar or euro or pound buat beli barang-barang di luar negeri,
mending beli di sini kale…. Emang ada perbedaan harga, tapi worth lah…
perbedaan harga itu, itung-itung zakat untuk mbak-mbak pramuniaganya,
zakat
buat operator container yang ngeluarin barang dari kapal ke pelabuhan,
kuli-kuli di pelabuhan yang….. again….. sodara-sodara kita juga coy!

Temans yang suka nulis diblog… tulislah mengenai budaya daerahnya
masing-masing, misalnya ; yang dari Jawa Barat bisa nulis mengenai
permainan
'ucing-ucingan' (itu loh permainan siapa yang jadi kucing siapa yang jadi
tikus, terus yang jadi tikus kalo nggak salah dibuntel pake sarung model
orang mau siskamling), kita nggak pernah tau mungkin suatu saat tulisan
kita
itu bisa berguna jadi bahan acuan – kalo pas ada Negara lain yang klaim –
bahwa emang bener ucing-ucingan itu dari Jawa Barat – Indonesia. Kalaupun
nggak ada yang klaim, itu kan bisa jadi promosi budaya Negara kita
tercinta
ini??? Bisa juga loh nulis mengenai adat perkawinan daerahnya
masing-masing
(atau yang udah menikah bisa share waktu nikah dulu…..) or cerita mengenai
kampung halaman, dengan tradisinya… pastinya banyak lah yan bisa di share
sama kita-kita…..

Daripada beli sayur di C****R mending di pasar or tukang sayur

Daripada ngopi di S****BCK mending beli INDOCAFE

Daripada makan U* PrimeRibs mending makan gado-gado, lebih sehat dan lebih
banyak petani yang bisa dibantu

Daripada ke Langkawi lah, Genting lah mending ke Lombok, Garut, Padang,
Sumbawa

Dan banyak lagi dehhhh…..

Intinya, ayo kita mulai dari yang kecil dulu (misalnya wortel tadi…), dari
diri kita dulu dan jangan lupa, sekecil apapun kontribusi kita buat NKRI
tercinta ini efek buat sudara-saudara kita yang kurang beruntung pasti
sangat besar.

Kalau bukan kita yang mencintai negeri ini, siapa lagi?????

Merdeka!!!!

Andria Salima .P