September kemaren saya pake Broker jual rumah, fee-nya 3% dari harga jual...
Saya yang nentuin mau dijual berapa tapi pada akhirnya kesepakatan antara
saya dan pembeli juga alias tawar-tawaran. Na hasil kesepakatan itu 3%-nya
jatah sang property broker. Enaknya pake broker saya tau beres aja tau-tau
udah ada pembeli, jadi gak wasting time pasang iklan en nganter2 calon
pembeli lihat lokasi. Apalagi saya di Bali en rumah yang dijual di Semarang.
Jadi begitu harga deal, saya berangkat Minggu Sore ke semarang bawa
surat-surat yang diperlukan, Senin pagi ke notaris, tanda tangan, terima
duit, bayar fee broker saat itu juga dan besoknya bisa pulang lagi ke Bali.
Tapi kalo lokasinya deket en ada waktu luang ya jual aja sendiri.
Bagaimanapun, 3% itu lumayannnn kalo buat nambah beli beras. he he he. Itung
aja kira-kira biaya wira-wiri sendiri dibanding bayar broker tapi tau beres
kira-kira sebanding gak... kalo saya kan jelas enggak, Bali Semarang heboh
banget!!! O ya enggak ada biaya apa-apa lagi pada saat "titip" jual ke
broker. Cuma isi formulir dan fotokopi2 surat yang diperlukan aja... Iklan
baris pernah nyoba sih yang gratisan di internet tapi nihil tuh...mungkin
karena di daerah, lain cerita kalo lokasi di Jakarta. Tapi coba aja. kan
gratis. he he he

Semoga membantu

Salam dari Sunny Bali
Sintia

Pada tanggal 30/11/07, Inne Roosyanne <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> Dear mom & dad BA,
> Tolong infonya dong untuk iklan gratis atau milis untuk jual beli
> property,
> khususnya untuk lokasinya di daerah.
> Efektif tidak yaah.
> Sekalian tanya kalau menggunakan jasa agent property biasanya fee yang
> harus
> dibayarakan berapa ya dan biasanya mengikat apa tidak sih? Mohon sharing
> nya
> ya...
> Dapat amanat buat menjual asset orang tua.
> Terimakasih sebelumnya
>
> Salam
> [...]

Kirim email ke