Hi mbak Diana,

Anaknya sudah di atas usia 6 bulan, kan?
Mungkin sekarang sedang asyik-asyiknya dikenalkan MPASI (makanan pendamping
ASI).  Biasanya, selain kegiatan seperti ini menyenangkan untuk baby dan
mamanya, ada aja kemungkinan untuk si kecil ngalamin 'sembelit' atau
sebaliknya 'diare'  .... ya itu, karena nggak seperti dulu waktu masih usia
<6 bulan, si kecil hanya dikenalin 'cairan' saja tapi sekarang sudah mulai
diperkenalkan makanan padat beraneka variasi, juga susu formula yang
semuanya perlu dicermati oleh sang mama apa memang buat sistem pencernaan si
kecil bereaksi (jadi sembelit or diare), atau normal2 aja.

Kalau misalnya anak mbak sekarang lagi doyan bubur tepung beras/cereal,
terus suka 'ngemil' biskuit baby, terus belum or nggak sempat dikenalin
buah-buahan dengan rutin, terus baru coba susu formula yang mungkin
komposisinya nggak terlalu cocok dengan pencernaannya, kejadian sembelit
bisa aja terulang lagi...

So, mumpung sekarang lagi masa-masanya dikenalin makanan lain selain
ASI/susu formula, coba antisipasi dengan menu sayuran dan buah di setiap
meal-time si kecil. Kenalin juga aktivitas minum air putih.  Kalau sekarang
masih kasih ASI, tetap diberikan ke si kecil karena bisa dibilang nggak
pernah ada bayi yang sembelit karena ASI :)
Kalau baru pertama kali kenalin makanan jenis baru, berikan porsi sedikit
dulu dan lihat reaksi (pencernaannya), apa bisa diterima ususnya, 'output
BAB' nya masih kategori normal, tidak menimbulkan alergi, dll.  Kadang
senang lihat si kecil makannya 'lahap' banget, jadi lupa deh, sudah ada
variasi serat/sayuran/buah/cairan nggak dalam menu sehari2nya :)

O ya, untuk umur anak mbak, nggak perlu dulu ada tambahan gula pasir untuk
menu buahnya.  Gula, garam, belum cocok waktunya untuk pencernaan anak usia
<1 tahun.  Kalau ragu si kecil bakal 'emoh' karena kurang 'manis', so pilih
dan beli aja jenis buah yang memang manis dan langsung sajikan buat si
kecil, bisa dibuat puree, di-blender, jus, di 'kerok' daging buahnya pakai
sendok makan, dll. Untuk 'penambah rasa' bisa tambahkan ASI perah atau susu
formulanya.

Masalah susu formula yang diminum, namanya juga susu formula yang 'berbeda
formulanya' untuk tiap merk - nya, jadi perlu observe lebih untuk bisa dapat
merk. tertentu yang cocok banget dengan sistem pencernaan anak kita.  Saya
pikir, kalau memang ketahuan susu formula yang terus-menerus buat anak jadi
sembelit, solusinya bukan diencerkan (kecuali kalau memang mbak buat
takarannya lebih kental dari yang dianjurkan petunjuk dari kaleng susunya),
tapi memang harus cari 'brand' lain yang lebih cocok dengan anak kita, juga
nggak lupa buat 'balance' dengan asupan nutrisi kaya
serat/buah/sayuran/cairan untuk daily meal-nya.

Anak2 saya termasuk yang dikenalin segala jenis buah yang saya yakin 'manis'
dan sesuai dengan usia/pencernaan mereka waktu mereka usia 6-12 bulan.
Mirip mamanya, nggak terlalu suka jus, so setelah  jago 'mengunyah', mereka
lebih suka buah potong atau diolah tidak terlalu lembut :)  Apalagi Rena
(2yrs 3mos), ke mana2 harus bawa botol minuman air putihnya.  Dan memang,
kebiasaan buah dan air putih ini banyak bantu saya untuk nggak sering deal
dengan 'sembelit' nya anak2..

cheers,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 38.5-week-'bump'

Kirim email ke