Mbak Ella,
Hal spt itu juga pernah kejadian dengan saya .. setiap jam 9 malam
Habibie sebelum tidur kita biasakan gosok gigi + pipis trus ganti baju,
langsung naik tempat tidur (lampu dimatiin) trus baca doa mau tidur
..tapi ketika Habibie umurnya sekitar 3 tahunan..ada saja alasannya
supaya lampu dihidupkan kembali trus yg minta pipis kembali lah ..or
minta diambilin mainannya supaya dibawa tidurlah ..or minta diambilin
minum ..yg otomatis 10 menit kemudian acara pipisnya kembali dilakukan
dll..wah pokoknya dg seribu alasannya supaya kita jgn tdur dulu

Setelah hampir satu bulan spt itu akhirnya kita buat kesepakatan dengan
Habibie ..kita duduk bertiga trus kita bahas kenapa habibie setiap umi
dan abah ajak tidur ada saja alasan Habibie ..trus dia
bilang.."Umi..Habibie mau main dulu dengan umi". Setelah diskusi dengan
abahnya Habibie ..Umi setelah pulang kerja bebas tugas dari kerja
apapun, jadi selain sholat dan makan malam dan baca2 bentar ..tugas
Utama umi adalah main dengan habibie ..krn sebelumnya masih sempat
ngurusin ini itu yg gak penting ...jadi dengan perubahan tsb waktu untuk
main dengan habibie jadi lebih banyak ...secara uminya pulang kerja jam
6 sore sampai rumah ...jadi ada waktu sekitar 3 jam-an untuk main dengan
habibie.

Alhamdulillah setelah hal tsb diterapkan Habibie ..umi pulang kerja main
dengan habibie ..Habibie tidak banyak alasan lagi ketika diajak tidur.

Jadi coba ajak bicara anaknya Mbak Ella ..walaupun masih umur 20 bulan
..kalau kita yg proaktif nanya pasti dapat juga jawabannya ..misalnya
coba tanya "Dedek mau main dengan mama ya .." kalau dia bilang ia ..ya
artinya kebersamaanlah yg dibutuhkannya, jadi boongnya untuk bisa nambah
waktu dg orang tuanya

Salam
Neneng