Wah, ibu satu ini masih OL terus. Hebat yah.
Pasti lagi menghitung hari neh, semoga dilancarkan persalinannya.
Amiin...

-----Original Message-----
From: Sylvia Radjawane [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, December 18, 2007 2:51 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Melahirkan di Siloam Karawaci

Hi Mel,

Sorry Mel,  ... nggak punya pengalaman bersalin di RS _Siloam Karawaci_,
tapi sebagai mom yang 'kebetulan' selalu 'deal' dengan urusan check
antenatal dan persalinan tiap 2,5 tahun sekali, in general saya bisa
ikut menyimpulkan kalau policy RS (at least RS _Int. Bintaro_ untuk
kasus saya), khusus issue tentang ASI, ELO Room in dari waktu ke waktu
mulai kelihatan awareness-nya  and menuju ke kondisi yang lebih OK :)

Sekadar sharing, sejak akhir Nov'07 lalu saya mulai ikutan kegiatan
selingan yang menyenangkan untuk ibu hamil alias senam hamil di RS.
Dalam 3 kali kunjungan, saya cukup 'terkaget-kaget' dengan kondisi yang
jauh berubah. Mulai dari tanya jawab dan sharing tentang ASI eksklusif
dan ELO yang 'seru' (mirip deh dengan sharing di milis), teknik napas
dan mengejan yang intensif dilakukan one by one antara instruktur dan
ibu hamil sampai dengar statement dari instruktur senam (yang mostly
adalah bidan di lt. 3 yang akan bantu para ibu hamil bersalin), 'jadi
ibu2, setiap ibu di-encourage untuk sukses ELO dan ASI esklusifnya.
Ketersediaan susu formula terpaksa diadakan kalau pihak
ibu/suami/keluarga ibu mendesak untuk menyediakannya buat bayi'. Saya
sempat pikir mungkin memang instruktur tsb. yang OK pemahamannya tentang
issue ini (beliau juga cerita pengalaman pribadi ASI eksklusifnya dengan
anaknya juga hasil training laktasi nya di RS. _Carolus_), tapi kalau
dapat informasi seperti ini dari 3x kunjungan senam hamil dengan
instruktur yang beda2, wah ... sudah jadi pertanda baik ini he..he..

Saya pikir issue ASI, ELO and room-in pasca persalinan sudah bukan lagi
sebatas wacana. Bahkan para peserta senam hamil yang saya ikutin, mostly
ibu bekerja di luar rumah, 'fasih' banget untuk urusan ASI perah, stok
ASI sampai urusan 'tandem' menyusui dengan kakak sang bayi :) Dari
pertanyaan dan sharing peserta, kelihatan kok kalau 'ilmu' ini sudah
mulai dikenal dan dipraktekkan para moms.

So, Mel .. nggak perlu terlalu khawatir.  _Siloam_ mungkin juga sudah
menerapkan policy yang sama sekarang.  Kalau pun belum/nggak, ASI, ELO &
room-in adalah own-personal decision for each mom pasca melahirkan ..
fight it out!  :)

cheers,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 38.5-week-'bump'

On Dec 18, 2007 10:01 AM, melisa <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Buat ibu2 yg pernah ngelahirin di Siloam (selain Lif yg saya tau),
> Ngerasa ga sih kalo disana kurang support ASI eksklusif? Pengalaman
> ngelahirin taon 2003, pertama dari DSOG sampe ke susternya semua
> gak support ASI, dari yg nganjurin merk susu formula tertentu, sampe
> mem-vonis saya gak bisa menyusui.
>
> Kali ini (sekarang sy hamil 23 minggu) jadi agak2 ragu kalo mo minta
> ELO ke DSOG, kira2 dikasih gak ya? Mungkin ada yg baru2 ini ngelahirin

> disana, ato
> ada sodaranya yg ngelahirin disana, gimana pelayanan di Siloam udah
ASI