Pengalamanku sih kalo batpil nya panjang gak sembuh2, tapi on off terus,
ingusnya kadang kental kadang encer, biasanya cukup dg home treatment aja.
Walopun penyembuhannya lama, tapi akhirnya sembuh juga.

Tapi pernah juga, udah home treatment dalam 3 hari bunyi nafasnya makin
berat dari hari ke hari, mau gak mau harus ke dokter. Obatnya emang puyer,
tapi aku liat isinya standard pengencer dahak dan antihistamin, ga papa
diberikan. Paling ditambah pake fisioterapi, cukup 1 kali aja. Ga perlu AB
kalo kita yakin emang lagi musim batpil. Diatas usia 2 thn aja baru
dipertimbangkan kebutuhan AB.

Maksudku, enggak perlu anti dokter, ada beberapa kasus emang butuh
penangannan dokter, tapi harus tetep rasional. Yg penting juga cari dokter
yg emang direkomendasiin gak suka kasih obat macam2.