Pak Aldo,

Nayma dulu juga jaundice, gak di hari pertama. Dulu sempat disinar?
Pertanyaannya, kenapa disinar?

1. Bilirubin sudah di atas 15
2. Nayma gak mau lagi mik ASI, alias minumnya males banget, dan bawaannya
tidur mulu. Kalau saja waktu itu Nayma kuat mik ASInya, mungkin gak disinar.
(Ini juga karena manajemen susu saya gak bagus waktu baru awal2 melahirkan).
3. Lampu untuk menurunkan bilirubin adalah yang UV.
4. Oh iya, satu lagi, indikasi Nayma mimiknya kurang juga adalah, ubun2
kepalanya mulai rada cekung aartinya sudah mulai dehidrasi.
5. Kulit kuning, mata kuning, serba kuning deh.

Kalau baby oom Aldo, mik susunya kuat, pinter nyedotnya. BB nambah terus,
berasa deh di gendongan makin berat, dan jari2 kaki dan tangan jadi lebih
gemuk, baby BB nya cepet nambahnya antara 15-45 gram/hari.

Kalau alinea di atas terpenuhi semua, gak perlu lah ya ada kecurigaan
jaundice.

*jadi inget waktu sy bayi, manalah pernah ditest bilirubin, wong sy lahir di
desa kecil di Bantul, Jogja*, tapi ASI melimpah ruah, secara ibu saya rajin
makan sayur mayur.

best regards,

mama Nayma

On 2/21/08, uci momkavin+ija <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> PAk Aldo, tanya yaa..
>
> 100 watt apa gak terlalu panas ya?
> sependek pengetahuan saya bayi kuning itu yg bahaya saat 24 jam pertama
> stl lairan kuning itu bahaya ..n perlu di-sinar UV klo bilirubinnya tinggi..
>
> stl 24 jam kelahiran bayi kuning itu banyak penyebabnya..tp itu gpp...
> paling sering adalah kuning krn breastmilk jaundice bisa sampai 1 bulan
> lebih
>
> ini ttg bayi uning dr milis _sehat yaa
>
> Thu Jun 28, 2007 7:32 am        (PST)
> Jakarta 28 Juni 2007 jam 19.18

> [...]