Susah, bu, jawabnya, ini mah tergantung masing2 orang dan keluarga. Ada yang
2 juta sebulan, ada yang 4 juta ada yang 6 juta, bahkan ada yang lebih.
Tergantungnya darimana? Punteun, ini yang ditanya pengeluaran semuanya atau
cuma untuk makan saja.

Hehehehe, dikomplain ya? cara jitunya adalah, mbak catet semua pengeluaran,
bikin buku jurnal untuk pengeluaran tetap (listri, telpon, pam air, gaji
pembantu, iuran erte, sampah, tv kabel, speedy, biaya bulanan antar jemput
anak (kalao pake mobil/ojek jemputan sekolah), biaya sekolah). Bikin tabel
terpisah pengeluaran rumahtangga tetap (susu, apalagi kalo sufor, mahal nek,
beras, sabun, odol, shampoo etc).

Tabel lainnya, mbak buat tuh buat pengeluaran lainnya, misal bensin, uang
jajan di dompet suami etc.

Tabael lainnya, buat lagi daftar pengeluaran untuk belanja lauk pauk sayur
mayur (jika belanja tiap minggu di pasar tradisional kayak saya...hehehe),
bisa juga berapa uang belanja per harinya.

Tabel berikutnya adalah jumlah cicilan yang mesti dibayar di bulan itu.

Tabel lainnya, adalah biaya tak terduga, terutama jika kesehatan tak
ditanggung kantor. Lainnya yang masuk post di sini adalah, belanja baju,
sepatu etc jika ada pada bulan itu.

Idealnya ya, di awal bulan, kita udah tetapin mau nabung berapa, nah sisanya
baru yang dipakai buat semuanya.....

Tunjukkan semuanya ke suami....kalo masih semua reseanoble, gak akan protes
koq, paling garuk2 kepala....hehehehe.

Jadi kalau ditanya, pantasnya berapa, waduh, susah, rentangnya terlalu
lebar, tergantung tiap konsumsi masing2 keluarga. Contoh: yang makan daging
sebulan 2x dengan yg makan daging tiap 2 hari kan pasti pengeluarannya beda
jauh.

Yang penting adalah me-manage berapa rupiah yang kita punya....pusing memang
jadi ibu rumahtangga. Paling sebel kalo ditanya, "Lho koq udah habis 500
ribu?", padahal beras 20 kg aja udah 130an ribu...:).

Semoga ocehan saya ada gunanya....

cheers,

mama Nayma