Nambahin dikit lagi yaa...

Betuuulll.. perlu ada anggaran..
Meskipun realisasinya kadang nggak sesuai juga :-D
Namanya juga usaha :-)

Kemudian, mungkin info aja, untuk alternatif, kalo saya, "pos" keuangan
dipisah2. Satu buat bareng/keluarga, dan masing2 punya uang sendiri yang
silakan di-manage masing2.

Jadi yang dianggarkan bersama tiap bulan adalah kebutuhan keluarga bersama.
Untuk ini kita patungan, dan memang buka rekening khusus.
Di luar itu, untuk kebutuhan masing2, seperti hobi masing2, tabungan
masing2, bantuan saudara masing2, silakan di-manage sendiri di rekening
masing2.

Ini masi bisa di-nego juga, misalnya ternyata ada bantuan saudara, atau
qurban, yang akan di-state sebagai pengeluaran keluarga, ya patungan lagi.

Jadi kalau saya, posisi sebagai menteri keuangan adalah dalam hal
pengeluaran keluarga. Kalau pengeluaran suami buat beli kabel2 komputer dan
sebangsanya, terserah dia aja :-)
Dan kalo tiba2 akhir bulan dia mau traktir keluarga dari uang dia sendiri,
ya boleh jg :-)

Semoga nggak menambah bingung :-)

Meu

--