Ikutan sharing juga ah,

Saya termasuk ornag yang kolerik kali ya, karena sejak gadis sampe sekarang
saya menghitung detil setiap pemasukan maupun pengeluaran saya setiap hari
pake excel. sempet di kasih program kecil sama teman, tapi malah bikin
ribet.
kolom2 nya sederhana saja
*1. Pendapatan,* ( dari gajo saya, suami,bisnis, sidejob, dan arisan ( nanti
bulan 8 yaa hehe)
*2. Pengeluaran* :
    - *Harian     *   ( pengeluaran harian, saya, suami, belanja keluarga)
    -  *Rutin Non Harian* ( Gas, Aqua, Beras, Belanja Bulanan, Belanja
Mingguan)
    - *Wajib Bayar* ( spp anak, kpr, bayar card, telpon, listrik, tv kabel,
asuransi, transfer ortu, transfer mertua)
    - *Non Rutin* ( ini di anggarkan, tapi sering lebih besar dari anggaran)
    -  Amway ( ini harus saya hitung krn harus tahu +/- tiap bulannya)

*3. Saldo*

Untuk rekening, berhubung suami saya menyerahkan sepenuhnya ke saya untuk
gajinya, paling dia cuma minta uang darurat di dompet dan ATM aja, kalo
habis pun pasti minta lagi ke saya.

Posisi saya sebenernya mentri keungan di rumah, tapi untuk pengeluaran APBN
ya tetep atas persetujuan presiden kepala keluarga ..

Tapi gak tahu ya, sejak november kemaren, koq sering banget lebh besar pasak
dari pada tiang. apa karena kenaikan kebutuhan pokok yang melonjak atau
memang kebutuhan saya bertambah banyak. Jadi saya agak pusing ngatur
cashflownya.
untungnya adaaa aja rejeki gak terduga yang masuk.
Sambil saya juga mengurangi pos2 pengeluaran yang gak terlalu perlu, atau
menurunkan grade kebutuhan pokok, misalnya susu, sabun mandi turun  , odol,
shampo, detergen semua ini saya turunkan gradenya.
Alhamdulilla belanja bulanan saya bisa berkurang sekitar 25% dari
sebelumnya.

Desember kemarin waktu masih di sunter saya sempat ikut seminar perencanaan
keungan, ternyata ada yang salah di saya dalam mengatur keuangan meskipun
saya sudah sedemikian detil mencatat in/out nya keuangan saya.

Jadi Mbak, kebutuhan tiap keluarga dan pengaturannya memang masing2 beda
style, semoga sharing dari teman2 lain juga bisa menambah wawasan saya untuk
mengambil yang baiknya.

Salam
=Icho=

On 2/25/08, Meutia Miranti <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Nambahin dikit lagi yaa...
>
> Betuuulll.. perlu ada anggaran..
> Meskipun realisasinya kadang nggak sesuai juga :-D
> Namanya juga usaha :-)
>
> Kemudian, mungkin info aja, untuk alternatif, kalo saya, "pos" keuangan
> dipisah2. Satu buat bareng/keluarga, dan masing2 punya uang sendiri yang
> silakan di-manage masing2.
>
> Jadi yang dianggarkan bersama tiap bulan adalah kebutuhan keluarga
> bersama.
> Untuk ini kita patungan, dan memang buka rekening khusus.
> Di luar itu, untuk kebutuhan masing2, seperti hobi masing2, tabungan
> [...]

Kirim email ke