Dear parents semua.
  Cuma mau share kondisi saya + trik menyiasati keuangan saya.
  Dulu waktu baru married, gaji jauh lebih kecil daripada sekarang, cukup2 saja
walau pastilah tidak ideal, tapi disesuaikan. Gaji habis pas akhir bulan.
Setelah punya anak dan inflasi meninggi begini, walaupun gaji sudah naik jauh
daripada dulu, kondisinya tetap sama, cukup tapi habis2 saja.
  Kalau begini terus pastilah jadi ngga ada yang tersisa dan selalu minus. Jadi
siasat saya adalah, tiap kali dapat gaji, langsung saya sisihkan untuk hal2
yang pasti ngga boleh ngga harus disisihkan, misalnya investasi property dengan
cara dicicil atau investasi saham (tapi harus hati2 dan penuh perhitungan),
bisa juga nabung di tabungan pendidikan atau tabungan pensiun. Hitung2 untuk
tabungan hari tua atau untuk emergency fund saat anak sekolah nanti. Nah,
lumayan kan bisa dapat bunga atau at least kenaikannya bisa mengcover inflasi.
  Gaji yang tersisa tentu tinggal sedikit. Nah, hal inilah yang bikin saya jadi
menyesuaikan dengan gaji yang ada mau ngga mau harus cukup untuk sampai akhir
bulan. Caranya ? sesuaikan pengeluaran dengan gaji yang ada. Misalnya, saya
menyekolahkan anak disekolah yang bagus tapi tidak terlalu mahal, sesuai
kemampuan. Pilih2 yang dari playgoup sampai TK cukup sekali bayar uang pangkal.
Mobil, yang penting tidak mogok, tidak perlu gengsi. Pengeluaran lain
disesuaikan. Misalnya anak perlu sehat, tapi tidak makan yoghurt tiap hari,
jadi diselang sehari dengan buah2an jeruk, apel dll misalnya, secukupnya.
Jadilah parents yang smart dengan memperbanyak pengetahuan tentang kesehatan.
Amazing, kita jadi ngga perlu sering2 ke dokter atau beli obat. Gigi dirawat
dengan baik, jadi ngga perlu ke dokter gigi. Anak dibiasakan toilet training
jadi alhamdulillah paling tidak ngga ada lagi pengeluaran untuk pampers. Tidak
perlu selalu makan daging. Telpon seperlunya dll. Pengeluaran untuk HP
 dibatasi. Deterjen, sabun mandi, kosmetik dll yang murah meriah tapi sehat.
Dulu saya pakai clinique untuk bedak, sekarang pakai pigeon saja yang harganya
dibawah 25rb untuk bedaknya. Toh muka saya ngga tambah jelek daripada waktu
pakai clinique dulu,.. he.. he… Anak kalau sudah besar, susunya bisa
disesuaikan, ngga perlu yang mahal. Walaupun kesannya tiap bulan jadi hidup
prihatin, tapi kan paling ngga masih punya tabungan. Percaya deh, uang
berapapun tetap saja defisit. Saya pernah dapat e-mail tentang Office Boy yang
lebih kaya daripada Copy Writer. Tapi sayangnya e-mailnya sudah saya hapus. Itu
contoh yang bagus, mungkin parents sekalian pernah dapat juga.
  Mungkin kondisi saya tidak ekstrim, dan mungkin sebagian parents ada yang
lebih prihatin, tapi prinsipnya sama, kalo ngga dipaksa jadi ngga bisa nabung.
  Percayalah, kalo dalam keadaan terdesak pasti kita jadi kreatif, seperti kata
Robert kiyosaki.
  Sekarang, kalau ingin beli sesuatu diluar kebutuhan rutin, saya coba cari
penghasilan tambahan/sampingan.
  Banyak buku2 dan artikel2 yang sebenernya semuanya intinya sama.

   Menabunglah sedini mungkin
   Hiduplah sesuai kemampuan
   Tetapkan tujuan keuangan jangka pendek, menengah, panjang

  Best regards,
  Ratna

rasdi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  Perencaan keuangan itu adalah ilmu alias
bukan profesi.

untuk mendalami hal itu tidak sulit tapi juga tidak mudah
karena menyangkut habit dan culture seseorang.

intinya yang terpenting dalam mengatur keuangan adalah
jangan besar pasak daripada tiang, beberapa tip keuangan
secara cuma-cuma sbb:

1. sisihkan sekian persen saat menerima uang gajian, dan
langsung disimpan / ditabung tanpa berasumsi untuk diambil-
ambil terutama untuk tujuan yang kagak jelas.

2. dasar perencanaan keuangan adalah rencana pengeluaran, bukan
semata pencatatan pengeluaran, jadi jika pencatatan keuangan
anda sangat baik tapi tidak pernah ada perencanaan pengeluaran
maka ini tidak begitu mengatasi perencanaan keuangan anda.

3. saat ini sudah banyak artikel perencanaan keuangan, jadi tidak
perlu seekstrim dengan membayar fee u/ konsultasi, referensi
yang baik mngkn anda bisa melihat pada www.keuanganpribadi.
disana ada tip dan trik ttg perencanaan keuangan yang cukup baik

demikian semoga menambah meramaikan seluk beluk perencanaan
keuangan buat warga milis ba

salam
rasdi