Hi Ayahnya Reisha,

Kebetulan saat melahirkan kedua anak saya, dua2nya lewat operasi
Caesar.. sebenernya sih kata orang2 yg bagus tunggu 2 tahun tapi waktu
itu saya kebobolan:)) maklumlah waktu mau dapetin anak pertama susahnya
minta ampun harus tunggu 2 tahun itupun udah berobat ke macem2 dokter
utk ngejalanin treatment supaya punya anak, jadi saya piker ah.. ngga
usah KB yg pertama aja susah.. eh ngga tahunya yg diatas berkeinginan
lain.. jadilah pas anak pertama saya usianya 8 bln saya hamil lagi..
ngga kebayang deh perasaan waktu itu kaget, seneng, plus khawatir
mengingat jarak antara kelahiran yg pertama dekat sekali apalagi lewat
operasi Caesar.

Alhamdulilah pada saat kelahiran kedua tidak terjadi apa2.. tapi saya
mau cerita sedikit pengalamannya, pada saat kontraksi.. ampun2 deh
sakitnya.. bukan aja sakit gejala orang mau melahirkan tapi bekas
caesarnya itu loh.. ngilunya minta ampun.. padahal dokter sudah wanti2
kepada saya agar saya bisa menjaga diet supaya bayinya yg didalam tidak
terlalu besar agar menghindari hal yg tdk diinginkan seperti rasa ngilu
yg begitu sakit.. karena menurut dokter saya kulit saya termasuk yg
sensitive dan halus, jadi mungkin pas ada peregangan otot pas kontraksi
di bekas caesarnya.. akan terasa sakit.. saya benar2 tidak tahan akan
rasa sakit & ngilu yg begitu hebat.. sampai2 saya merasa bekas caesarnya
ini kaya mau sobek.. akhirnya atas kesepakatan bersama operasi Caesar
harus segera dilakukan, mengingat kondisi saya yg sudah tdk memungkinkan
utk menahan rasa sakit.. jadwalnya pun maju 2 minggu dari tgl due
datenya. Anak kedua saya pun lahir laki2 beratnya 3.6kg.. padahal waktu
usg perkiraan dokter hanya sekitar 3kg, mungkin juga ini sala satu
penyebab ngilu yg begitu hebat pada saat kontraksi dibekas caesarnya
karena bayinya memang kuat sekali ngedorong mo keluar.. mudah2an dari
cerita saya ini moms & dads bisa dapet gambaran, kalau memang
memungkinkan kalo bisa diatur jaraknya dari Caesar pertama supaya tidak
mengalami kejadian spt yg saya alami.

Thanks,
Mamanya Alyssa & Aditya
* yg sekarang sudah pasang KB krn niat mau punya anak Cuma 2 aja