Sekedar sharing
Kemaren sempet dibahas.
Kaklo menurutku mending ditungu biar Sdnya 6 thn. Berdasarkan
pengalamanku dan temen2 yg anaknya kurang dari 6 th masuk sd, ada
beebrapa problem yg suka muncul tergantung anak masing2 sich...kalo
sekarang karena baru mau masuk mungkin Ok2 aja..biasanya jadi mikir2
lagi kalo pas mau masuk SD.
Aku ceritain pengalamanku aja yaaa. Ternyata banyak juga lho yg punya
problem sama dgn saya :P

Anakku masuk SD kurang dari 6 thn. Kebetulan dila sekolah dari 3 thn
kurang (PG). Pas udah  TK B, aku masih kurang yakin mau masukin SD,
secara umur kurang dan banyak denger pengalaman kalo kurang umur pas
kelas 3 suka bermasalah (suka males sekolah). Aku nanya sana sini, nanya
guru TK, de el el. Sementara dilanya tetep keukeh minta SD. Kalo kata
gurunya dila sangat mampu secara materi, mungkin kalo mental bisa
dibina. Terus kata temen2 yg dah pengalaman butuh kePDan ortunya juga.
Kalo ortu yakin si anak sanggup, mungkin anak juga akan PD. Sementara
kalo tetep di TK takut bosen dan kelamaan, karena dila juga bilang bosen
di TK , udah merasa materinya membosankan.

Setelah aku pikirkan dgn matang, akhirnya aku mantap masukin ke SD.
Kebetulan SD pilihanku SDIT yang sekoalahnya sampe jam 2 siang. Udah
konsul ma guru/kepsek SD itu, banyak juga kok yg sudah cukup umur tapi
mental juga belum siap. Kita liat hasil testnya aja.  Pas test...wah
degdegan banget....ternyta testnya banyak banget, 4 jam. Test akademik
dan psikotest.
Ngerasain tuch gimana ibu kita ikut bingung kalo anak ujian. Mondar
mandir, mikir bisa jawab nggak anakku.

Alhamdulilah nilai akademiknya sangat bagus....nggak nyangka juga,
psikotestnya juga bagus, tepatnya lupa mencakup apa aja psiko testnya,
tapi ada satu yg biasa aja nilainya. Setelah konsultasi itu wajar utk
anak 5.5 th waktu test, tapi mungkin anti bisa diperbaiki. Akhirnya aku
mantap, dan berdoa semoga anakku sanggup..

Tapi setelah masuk, banayk juga kendalanya lho. Walo bukan Cuma dila
doank, setelah mulai aktif belajar suka timbul masalah. Dila mulai suka
ngadat, alasannya macem2, capeklah... Ada temennya yg nakal lah, minta
dianter nggak mau ikut jemputan. Kebetulan dila dijemput jam 6, dia
bangun jam 5, pulang sekolah jam 3, sampe rumah jam 3. kasian juga sich
ngeliatnya. Tapi banyak alasan kenapa aku milih SDIT, jadi aku harus
agak tega sedikit ama dila.  Sekitar rumah sekolahnya pada di SDN yang
jam 10 dah pulang, ini yg bikin dila suka ngiri. Maaa.. Itu si ini
pulangnya jam 10, enak ya bisa main2 lama, sementara aku baru mainnya
Cuma bentar, ato ma....aku capek, nggak usah belajar lagi ya... Sering
nggak mau ikut jemputan, minta dianter papanya, tapi di sekolah nggak
mau masuk. Nangis,...

Namun secara materi gurunya bilang walo dila masuk kelas suka terlambat
karena pake acara nangis dulu dan duduk di belakang, tapi daya
konsentrasinya bagus. Nilainya bagus2 sering dapat 100, walo di rumah
nggak pernah belajar. Saya kadang nggak terlalu maksain dila belajar
karena kasian dah capek. Tapi setelah suatu hari saya antar dila dan
nunggu sampe selesai, baru dila nggak ngadat2 lagi, karena dah
perjanjian.

Tapi masih sering juga dii tengah2 dila bilang males lah,
capeklah...walo masih mau berangkat. Dan kami usahakan setiap sabtu ato
minggu untuk ngajak dila jalan2 (kebetulan dila sabtu libur)biar tdk
stress.Kadang saya bingung kenapa dila. Apa saya yg terlalu maksain dil
masuk SD (tapi dila sendiri yg minta mausk SD), apa saya salah pilih
sekolah de el el.apa dila bosen sekolah karena kelamaan dari PG. Tapi so
far kalo ditanya dila suka ama sekolahnya, walo kadang2 suka minta
pindah ke SD negeri yg dah pulang jam 10. Alhamdulilah sampe sekarang
masih berjalan dgn baik walo masih suka "ngambek". Ya paling saya harus
sering2 cari cara ngebujuknya. Dan alhamdulilah raportnya sangat baik.
Malah sama gurunya dipilih utk mewakili lomba antar sekolah

Jadi...lebih baik dipikirkan dulu, di pertimbangkan masak2 jangan sampe
anak2 merasa terpaksa. Saya juga sedang mempertimbangkan juga masukin
adeknya ke PG.  yg terpenting kita lebih tau anak masing2, walo kadang
mood anak kita bisa berubah ubah. Yg jelas Peran kita sangat penting.
Sorry sangat panjang....abiss...nggak tahan pengen cerita.

     ~   ILA   ~

Skin Clinical Center Indonesia

Menara Duta 2nd fl Wing D

Ph : (62) 21 - 5256366 Ext 258