Petunjuk Ulama tentang puasa dikala hamil dan menyusui
ada 2 pendapat dan masing-masing dikuatkan dengan
hadits. Kalau masih bisa cari archive tahun lalu topik
boleh tidaknya puasa bagi ibu hamil dan menyusui
dibahas cukup panjang lebar lengkap dengan artikel
pendukung.

Beberapa hadits yang saya baca justru menganjurkan
tidak berpuasa bagi ibu hamil dan boleh menggantinya
di waktu lain dan atau dengan membayar fidyah.

Namun semuanya kembali lagi pada kondisi ibu
hamil/menyusui lebih baik kalau diperkuat dengan
analisa dokter, karena agama tidak menghendaki
kesukaran bagi pemeluknya. Kalau ibu yakin meskipun
puasa namun gizi ibu tetap baik ya boleh saja dicoba,
namun ibu tidak yakin lebih baik mengambil keluangan
yang diberikan.

Mamanya Dafi