Saya sangat setuju dg pendapat mb Ade, sebaiknya mb Ratna konsultasi
langsung ke DSOG nya. Kondisi tiap-tiap orang berbeda-beda, jadi nggak bisa
digeneralisir dan diambil kesimpulan kalau 2 dari 3 orang bisa berpuasa
waktu hamil-menyusui, artinya kita juga bisa. Masalah kuat atau tidak
kitanya, itu juga cukup riskan, apalagi yang berhubungan dengan kondisi bayi
di dalam kandungan. Saya pribadi sih ngeri banget kalau harus mempertaruhkan
kondisi bayi di dalam kandungan, yg nggak keliatan wujudnya dg kasat mata,
dan hanya bisa dimonitor dg USG & sejenisnya. Kalau bayi kan bisa nangis
kalau kelaparan, tapi bayi di dalam kandungan bagaimana ? Apalagi kita
kadang2x nggak ngeh dg perkembangan bayi kita sampai waktu periksa USG lagi.
Bagusnya di kasus mb Ade sang bayi bisa segera ketahuan reaksinya, apalagi
mb Ade konsultasinya jadi tiap minggu.

Pengalaman saya, waktu menyusui, krn saya punya masalah dimana anakku nggak
mau menyusui langsung, sehingga ASI anak saya tergantung sepenuhnya dari
hasil memerah susu, keliatan banget bahwa puasa itu mengurangi jumlah ASI yg
keluar. Mungkin yg menyusui langsung tidak pengaruh ya, tapi kalau memerah,
telat makan sedikit, hasil perahan berkurang. Kurang minum, kurang makan
sayur/buah, hasil perahan juga berkurang. Apalagi waktu puasa itu anakku
baru 5 bulan
sedangkan saya berniat kasih asi ekslusive selama 6 bulan, jadi waktu hari
pertama puasa bikin produksi ASI berkurang, setelah itu saya nggak puasa
lagi. Produksi ASI ku nggak boleh berkurang sedikit pun, krn saya harus
pastiin selama aku di kantor, persediaan di rumah cukup buat dia seharian.

Salam,
Mirna Muska