Hi mama Aby,

Apa memang di usia kandungan awal trimester ke-3 tidak terdeteksi janin
sungsang, ya mbak?  Apa ini calon bayi yang pertama?
Asumsi saya, dokter sudah kasih info 'janin sungsang' pasti sudah didukung
pula dengan pemeriksaan USG, selain perabaan.

Secara umum, memang di usia kandungan 39 minggu atau masanya bersalin
(apalagi sudah bukaan 1), posisi janin sungsang sudah sukar berubah ke
posisi normal karena bagian tubuh janin terbawah  sudah masuk 'pintu
panggul' (engaged).  Yang bisa dilakukan hanya memonitor persiapan
persalinan.  Ada info yang bilang kalau bagian 'bokong' janin - bukan 'kaki'
yang ada di bawah, persalinan normal masih bisa diusahakan, tapi itu pun
harus didukung faktor BB janin juga pengalaman ibu bersalin normal,  juga
skill DSOG yang menangani

So, mungkin (calon) ibu diupayakan tetap tenang dan observe karena menurut
saya persalinan sudah bisa berlangsung any time. Baik via persalinan normal
atau caesar, yang penting persalinannya berlangsung lancar, ibu dan baby
sehat, ya mbak.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta