Hi mbak Mada,

Selamat untuk kehamilannya, ya mbak ..

Asumsi saya, sepulang dari rawat inap di RS, mbak kembali bekerja normal dan
baru muncul lagi flek nya, ya mbak?  Mungkin memang jangan dulu kembali
bekerja atau bergerak seperti kegiatan rutin sebelum hamil.  Setelah pulang
dari RS, bisa juga ambil waktu bed-rest tambahan sebentar, hanya untuk make
sure memang perdarahan tidak lagi muncul.

Beberapa waktu lalu di milis ini saya pernah shared juga tentang kehamilan 3
anak saya, semuanya selalu ngalamin flek (minor bleeding) di minggu2 pertama
kelahiran. Tidak dirawat inap di RS, karena saya 'berjanji' ke DSOG saya
untuk benar2 bed-rest di rumah..

Kalau memang dari hasil pemeriksaan DSOG (fisik, test lab, dan USG) kondisi
rahim dan janin memang berkembang normal, biasanya memang (calon) ibu hanya
perlu bed rest dan kadang dikasih resep obat penguat kandungan juga dari
DSOG nya.
Coba untuk 'benar-benar' bed-rest, turun dari tempat tidur hanya kalau
perlu.  Kasih waktu kondisi rahim dan janin bisa 'adjust' supaya rahim bisa
support perkembangan janin dengan optimal.

Untuk saya pribadi, selama masih muncul flek selama masa bed-rest, pantang
untuk saya beraktivitas normal, mbak.  Mungkin memang harus 'off' sebentar
dari kegiatan rutin, tapi at least pikiran jadi lebih nyaman untuk
melanjutkan masa kehamilan.

So, coba untuk kembali bed rest di rumah dan tetap observe kondisi
flek/perdarahannya.  Kalau mulai jarang muncul (nggak lagi sering ganti
pembalut/panty liner), nggak merasa nyeri di perut bagian bawah, mungkin
kondisi sudah semakin baik.  Kalau pun mau kembali ke aktivitas normal,
step-by-step aja, mbak. Lebih hati2 dalam perjalanan pergi-pulang kantor,
naik-turun tangga, bawa beban/barang berat, jangan terlalu lelah dan jangan
stress. Juga pekerjaan di rumah bisa di ambil alih orang rumah lainnya untuk
sementara.

Sebaliknya, kalaupun sudah bed-rest, flek semakin intens atau mulai
perdarahan atau mulai rasa nyeri di area perut (seperti haid atau lebih
intens dari itu), segera konsultasikan ke DSOG supaya dapat treatment yang
tepat.

take care on your pregnancy, mbak
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta