Hi mbak Ila,

Hehehe ... sehati ternyata sama jeng Lif.  Saya juga coba cari glossary
tentang enzim Gamma GT (GGT) dari website yang sama.
Btw, selain www.mayoclinic.com, website favorit saya juga
www.nlm.nih.gov.  Menurut
saya, site ini termasuk medical encyclopedia yang bisa dicerna orang 'awam'
medis dan enaknya, kadang medical term yang ada sudah langsung di -
hyperlinked sehingga tinggal klik dan kita yang awam bisa tahu artinya).

Iya, level GGT yang meningkat dibilang ada hubungannya dengan konsumsi
alkohol. Makin ketergantungan alkohol, makin tinggi level GGT nya. Biasanya
di LN malah data level GGT ini suka jadi patokan seseorang bisa diperpanjang
izin mengemudinya atau nggak ;)

Nambahin sedikit yang sudah di-shared jeng Lif:
Seperti dibilang di link itu, alternatif untuk menurunkan level GGT, selain
dengan pil kontrasepsi (ada bagusnya kalau ternyata mbak Ila memang pakai
metode KB ini, berarti sudah sekaligus  treatment untuk GGT nya), juga
konsumsi obat _Clofibrate_.  Obat ini ternyata berfungsi untuk menurunkan
kolesterol dan gliserida. So, menurut saya, mbak bisa cari alternatif lain
yang bisa menurunkan kolesterol mbak (yang dari e-mail mbak dibilang agak
tinggi, ya).  Mungkin back to simple things: olah raga, diet makanan
tertentu, fix pola hidup, etc. - otomatis buat level kolesterol jadi normal
(tanpa perlu konsumsi obat) dan akan ada efeknya dengan kenormalan level
GGT.

Another issue, mbak juga periksa GGT dan ALP (enzim Alkalin Phospate) yang
dari hasilnya juga agak tinggi dari ukuran normal.  Mungkin bisa
didiskusikan dengan dokternya, untuk juga lihat kemungkinan 'gangguan' di
hati atau tulang.  Karena dari info lain yang tadi sempat saya baca, kalau
GGT normal tapi ALP dan ALT (enzim lain yang suka di-test dalam test liver)
tinggi, indikasi gangguan bukan pada organ 'hati' tapi 'tulang'.

Anyway, semoga hasil pemeriksaan nanti lebih baik, ya mbak.  Maaf kalau
nggak bantu banyak.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

<deleted>