Mungkin bukan marah2 yang gak jelas, ngamuk2 gitu kali, kalo yang itu ya gak
mendidik.
Marah di sini artinya adalah reward and punishment, pada saat anak berbuat
kesalahan, kita mesti tanya dia baik2, kenapa dilakukan, terus mesti ada
punishmentnya, bukan dihukum dgn cara, "kamu ini anak bodoh, ginian aja gak
bisa, tolol..."
Yah gak gitu, tapi misal, untuk seminggu, no tivi, walau anak ngamuk2, tetep
tivi gak dikasih. Ini bukan galak tapi mendidik.

Saya juga baru teori sih. Yang pasti, jangan biarkan anak ngamuk dikit,
terus kita turutin, waduh, kebiasaan, sampai gede gitu terus. Barusan tadi
malem, Nayma ngamuk, saya suruh tidur, gak mau, maunya nonton kartun,
nangisnya sampai melolong2, terus akhirnya, "mama...mama....cium...cium..."
Ya udah, tak ciumin, terus diboboin di kasur, cuma sisa nangis 1 menitan
doang, abis itu mimik susu, terus bobok deh. yang kayak gini aja, menurut
suami saya, saya termasuk manjain anak, karena kalau saya sampai di rumah,
Nayma nempel aja ama emaknya kayak prangko, kemana sy pergi dikuntitin.....