enggak semua SD siy, tapi kebanyakan SD mintanya gethu yak.. curank
bangets.. hiks...
waktu ngedaptarin rifqi dulu krn umurnya kurang, SD-nya agak keberatan
nerima walo msi ada tempat kosong krn mereka mendahulukan yg sudah
cukup usianya... tp begitu tau rifqi lolos tes  baca tulis (blom
ngitung tuh), akhirnya diterima... rupanya klo usia udh cukup even
blom bisa baca tulis otomatis diterima trus klo masih ada jatah tempat
baru mereka seleksi... gethu share dari sayah
karena di bali setahu saya Diknas meminta utk mendahulukan usia anak
dulu (minimal 6, klo 7 mah langsung diterima ngkali) , baru sisa jatah
tempat duduk klo masih ada, akan diberikan apabila anak ybs dianggap
mampu, jd klo ada anak umur di bawah 6 thn mau dimasupin SD tp blom
kenal huruf enggi bisa (klo prakteknya di masing-masing SD saya sih
tak paham)
Wkt Rifqi PG di Semarang, saya nanya kok TK-nya dah diajarin nulis,
eeh ortu-ortu laen bilang gak pha pha kan biar gampang masup SD-nya