From: Devina Ghofoer [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 03 Nopember 2008 11:03
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Pengganti ASI kalo stok susu ASI habis (
bundanya kntr )

sebenernya gini pak.. setau saya, anjuran ASI eksklusif sampe 6 bulan
itu karena sebelum mencapai umur segitu, pencernaan bayi belum bisa
mencerna makanan lain selain ASI. jadi sebisa mungkin diusahain jangan
ditambah makanan lain dulu..

saya juga bekerja pak. kira2 2 minggu sebelum kembali bekerja, saya
sudah mulai menyiapkan stok ASI. jadi pada saat hari pertama saya
bekerja, di freezer saya sudah tersimpan sekitar 10 botol ASI @ 100 ml.
di kantor, tiap 3 jam saya memompa ASI. pulang saya membawa 3 botol ASI
@ 100 ml. di rumah, saya langsung menyusui anak saya. tiap kali habis
menyusui, misalnya di payudara kanan, saya pompa lagi ASI saya yg kiri.
dengan begitu, selain stok ASI nambah, juga mempertahankan agar supply
ASI tetap lancar.

mungkin bisa dicoba pak, cara seperti yg saya lakukan ini. mudah2an bisa
nambah stok ASI-nya, jadi ngga usah pake makanan lain dulu. kasian
bayinya soalnya...

semoga membantu ya pak.

oxox,* mamanya kyra *