saudara sepersusuan kalo nyusu langsung, pak, dan juga dalam jangka waktu
yang lumayan lama, setidaknya beberapa hari.
tapi kalau gak yakin, ya sebaiknya cari yang bayinya jenis kelaminnya sama,
soalnya ini mah balik lagi ke keyakinan masing2.
soalnya suamiku sendiri juga gak mau anaknya minum ASI donor, kalau saya sih
gak masalah...jadi balik ke keyakinan masing2, mana yang lebih diyakini.

Hukum IslamPertama-tama, yang harus diingat adalah tulisan ini hanya menjadi
bahan acuan dan sumber referensi saja, terutama jika menyangkut masalah
agama dan kepercayaan.

Silahkan anda mengambil yang terbaik untuk kemudian menentukan sendiri
pilihan sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing. Memang dalam
hal donor ASI, yang seringkali menjadi bahan perdebatan bagi kalangan muslim
adalah apakah bayi yang menerima donor ASI akan otomatis menjadi saudara
sepersusuan dengan bayi yang ibunya mendonorkan ASI tersebut?

Berbagi ASI – Otomatis Menjadi Saudara Sepersusuan

Ada sebagian golongan yang menyatakan bahwa apabila seorang bayi minum ASI
dari ibu lain, baik secara langsung (dari payudara) atau tidak (dengan ASI
perah), maka secara MUTLAK bayi tersebut akan menjadi saudara sepersusuan
dengan bayi ibu yang mendonorkan ASI tersebut (apabila kedua bayi tersebut
berlainan jenis, perempuan dan laki-laki, maka di kemudian hari dilarang
untuk menikah). Dalam hal ini, sudut pandangan yang diambil adalah bahwa
dengan minum 3 tegukan ASI (langsung dari payudara ataupun ASI perah), maka
kedua bayi tersebut sudah otomatis menjadi saudara sepersusuan karena
pertimbangan cairan ASI yang sudah masuk ke dalam tubuh bayi penerima donor.

Berbagi ASI – Tidak Otomatis Menjadi Saudara Sepersusuan

Menurut Dr. Yusuf Qardhawi dalam Fatwa-Fatwa Kontemporer (Gema Insani
Press), tidak semudah itu seorang bayi yang menyusu pada ibu lain menjadi
saudara sepersusuan dengan bayi ibu tersebut. Syarat utama adalah apabila
seorang bayi yang disusui oleh ibu lain, maka hal tersebut menimbulkan
"...rasa keibuan yang menyerupai rasa keibuan karena nasab, yang menumbuhkan
rasa kekanakan (sebagai anak), persaudaraan (sesusuan), dan
kekerabatan-kekerabatan lainnya." Kemudian, diterangkan pula bahwa, ""Adapun
sifat penyusuan yang mengharamkan (perkawinan) hanyalah yang menyusu dengan
cara menghisap tetek wanita yang menyusui dengan mulutnya."

Sehingga menurut pandangan Dr. Yusuf Qardhawi, bayi yang mendapatkan donor
ASI dari ibu lain, yaitu ASI perah dan bukan menyusu langsung pada ibu donor
tersebut, maka TIDAK akan menjadi saudara sepersusuan dengan bayi si ibu
pendonor. (Sumber: Bank
Susu<http://media.isnet.org/islam/Qardhawi/Kontemporer/BankSusu1.html>
)

Hubungan Anak dengan Ibu Susu dan Saudara Sepersusuan (sumber: Tabloid
Nakita)

ASI adalah filtrasi darah ibu sehingga ASI bisa menjadi pembawa sifat. Maka
dari itulah ada hukum yang menyebutkan ibu susu dengan anak yang mendapatkan
susu dari dirinya, hukumnya sama seperti halnya ibu dengan anak kandung.
Begitu juga, anak-anak si ibu susu menjadi saudara sepersusuan anak
tersebut.

"Antara ibu susu dengan anak yang mendapat susu darinya jatuh hukum Tahrim
(haram kawin-Red.) kepada mereka, tak terkecuali kepada saudara sepersusuan
mereka," (makalah Hj. Nur Endah Nizar Lc., fungsionaris Nahdatul Ulama (NU)
Jatim yang juga anggota DPRD Jatim, dengan judul *Keutamaan Air Susu Ibu
(ASI) Ditinjau dari Syariat Agama Islam dan Kesehatan*), karena:

   1. Dalam kegiatan menyusui anak akan selalu timbul hubungan batin antara
   ibu yang          menyusui dan bayi atau anak yang menerima ASI, yakni
   hubungan batin dalam bentuk kasih sayang. Sekalipun anak yang disusukan itu
   bukan anak kandung.
   2. Jika seorang anak disusukan wanita yang bukan ibu kandungnya, otomatis
   dia akan menjadi ibunya. Oleh sebab itu berlaku Tahrim sebagaimana sabda
   Rasullah SAW, "Bahwa menyusukan menyebabkan tahrim, sama seperti tahrimnya
   melahirkan, atau pengharaman sebab kelahiran." (HR Muslim).

Sekalipun begitu, antara ibu susu, anak yang disusukan, dan saudara
sepersusuan bisa tidak timbul hukum Tahrim, jika:

   1. Pemberian ASI melalui jarum suntik. Maksudnya, secara tak langsung;
   diperah dulu lalu diberikan lewat botol susu atau sendok;
   2. ASI diencerkan, dikentalkan, dibekukan, atau dibuat bahan makanan
   terlebih dulu sebelum dikonsumsi;
   3. ASI dicampur air, obat, minyak, dan atau sebaliknya;
   4. ASI dicampur ke dalam makanan anak, dan atau sebaliknya;
   5. ASI ibu yang satu telah dicampur dengan ASI ibu lain baru kemudian
   diminumkan pada anak.

oleh: Mia Sutanto, SH, LL.M, Konselor Laktasi
Sumber  : www.aimi-asi.org