Dear Mbak Ria,

Salam kenal yah,
Kasusnya sama kayak anakku,dari lahir sampai sekarang nafasnya bunyi grok grok.
Ini memang karena alergi.
Saya kurang setuju klo harus minum obat anti alergi
krn menurut DSA anak saya Dr. Widodo Judarwanto, SPA.
Beliau ini spesialisasinya alergi. Alergi bukan diatasi dgn obat2 an, tapi dihindari pemicu-nya. Suhu kamar yg hangat, klo pake AC sebaiknya 26-28 C, hindari debu, kapuk, bahan2 berbulu, karpet, asap rokok, obat nyamuk, jauhkan dari binatang peliharaan (spt burung,ayam, anjing, kucing),
tidak boleh ada baju yg tergantung & tumpukan buku2.
Boleh liat2 ke artikel beliau di www.alergianak.blogspot.com
Kecuali bila memang hidung Kayla sudah bener2 mampet, sehingga nafasnya pake mulut,
baru deh perlu ditangani secara medis, itupun dibantu dgn inhalasi.
Utk penanganan darurat di rumah, ditetesin aja hidungnya pake Breathy,
ini larutan garam (NaCl) utk membantu melonggarkan pernapasannya sesaat.
Saya pernah baca artikel, bahwa jika umur bayi masih 2 bulan, masih wajar, bila lebih dari itu,
dipastikan bahwa si anak punya alergi, apalagi bila ada riwayat alergi.
Seiring pertambahan umurnya, daya tahan tubuh anak akan membaik,
sehingga keluhan ini juga akan berkurang.
Susu Formula sebaiknya jangan dikasih, apalagi masih ASI,
lebih baik diteruskan aja ASI-nya, anak saya juga ASI Eksklusif.
Bila si anak sudah punya bakat alergi, dikhawatirkan si anak juga punya bakat alergi lainnya,
misalnya gangguan pencernaan, malah ntar kasihan anaknya.
Lebih baik cari 2nd opinion Mbak ke dokter anak yg spesialisasi-nya di alergi imunology.
Oh iya Mbak, saya kirim via Japri yah artikel ttg masalah Kayla,
mudah2 an bisa membantu.

Semoga cepat sembuh yah Kayla.

watmest rgds,
Bunda Rayan