2008/12/4 <[EMAIL PROTECTED]>

> Dear BA,
>
> Mohon sharing & masukannya:
>
> 1) Kapan waktu yg tepat untuk mulai mengajarkan gosok gigi ke anak?
> Mengingat usia anak saya 12 months and udah tumbuh gigi 6 (4 atas + 2
> bawah)

Aku ajarkan ke anakku sejak gigi pertama tumbuh. Sikat yang dipake yang di
tangan, karena dia masih terlalu kecil. Dan yang menyikat giginya pelan2
karena masih sebatas pengenalan. Dan karena pas tumbuh gigi pertama baru 7
bulan atau 1 th ya... jadi gak aku pakein pasta gigi.

> 2) Saat saya tny DSA, jawabnya udah diajarkan gosok gigi, terserah mo pakai
> sikat gigi yg digenggam (seperti milik orang dewasa) or yg masih dimasukkan
> ke jari telunjuk ortunya.
> Lebih bagus mana sich?

Untuk awal mungkin pake yang di telunjuk sampai si kecil terbiasa. Kalau
pake sikat gigi takutnya kesodok gitu apalagi baru pertama kali bisa2 dia
gak mau buka mulut loh...

> 3) perlu nggak pakai pasta gigi semacam Switzal, Cussons, Kodomo, dll untuk
> anak usia 12months.

Saya dulu pake Zwitsal, tapi ya gak banyak.... setitik doang kali.....

> 4) berbahaya nggak kalo anak seusia 1th menelan pasta gigi anak mengingat
> belum bisa berkumur?

yang ini aku gak tau pasti, tapi kalau cuman setitik aja keiknya gak papa,
toh dia kumur juga, kumurnya maksudnya minum air dan ditelan.

Sebagai tambahan: air untuk kumurnya HARUS pake air matang.

Semoga membantu

Yesi
http://www.debloomen.com/
http://www.yesiwarrie.blogspot.com/