Pengalaman saya sih memang selalu begitu... kalau saya hamil, pasti
kakak-kakaknya semua 'rada' rewel.. karena ya mungkin mereka takut nanti
perhatian kita tercurah hanya kepada adiknya...

Saya mengajak anak2 ngobrol mengenai kehadiran adik barunya, bahwa
ibunya akan lebih banyak mengurus adik baru karena adik baru harus
disusui dan sering menangis, tapi tidak berarti ibu dan ayah tidak
sayang lagi sama kakak.... nanti kakak bisa bantu ibu memandikan
adik....  jadinya kakak2nya semangat menunggu kehadiran adik barunya...

Tapi saya tetap berusaha me-alokasikan waktu khusus bagi si kakak,
misalnya ke mall, ke toko buku, bikin cookies di rumah, pokoknya
kegiatan yang dilakukan khusus dengan mereka, tidak banyak makan waktu
kok, paling satu dua jam saja, tapi jadi special bagi mereka...

Setelah melahirkan anak ketiga kemarin, mumpung masih cuti, saya ajak
kakak kakaknya bertiga aja kita main ke kidzania dan juga main air di
the jungle...

yah, sebisa mungkin kita meyakinkan anak bahwa dengan kehadiran adik
baru, rumah kita akan lebih semarak dan bahwa ibu ayah nya masih tetap
sayang dengan dia walaupun ada adik baru... dan tentu saja, cara
meyakinkan yang terbaik adalah dengan perbuatan...

so far alhamdulillah anak2 keliatannya bisa memahami...

- cheers -