hanya berbagi pengalaman, waktu anak pertama kami lahir, dan prematur dokter
anak kami tetap menyarankan untuk memberi ASI, namun karena pada saat itu
kondisi saya tengah depresi, karena kelahiran anak pertama kami hanya beda
8jam dari kematian ayah saya, sehingga ASI ga bisa keluar, walaupun sempat
keluar di awal hnya sktar 15 mnit. kemudian karena takut anak saya kelaparan
maka saya n suami memutuskan untuk memberi sufor terlebih dahulu.
dan kejadiannya persis seperti yang dialami pa herman, feses anak kami ada
noda merahnya walaupun sedikit, setiap pup ada noda merahnya seperti darah.
kemudian kami membawa anak kami ke dokter anak, dan dokter anak kami ga
langsung menyarankan untuk tes feses. kata beliau ada beberapa kemungkinan,
karena gejala yang timbul terlihat dari feses nya maka kemungkinan besar
adalah apa yang dikonsumsi oleh bayi, yaitu susu formula. dan dari
kemungkinan2 tersebut bisa diartikan, kondisi bayi belum siap menerima sufor
sehingga pencernaannya terganggu atau bisa juga kebersihanany kurang pada
saat membuat sufor untuk bayi, seperti airnya kurang matang, mencuci
botolnya tidak bersih, tangan yang membuat tidak cuci tangan dahulu dll.
sehingga kemungkinan masuknya bakteri lebih besar. setelah mengetahui itu,
saya usahakan untuk menjaga kebersihan saat membuat sufor dan berusaha
sebisa mungkin untuk memberikan ASI, bagaimanapun caranya saya lakukan dari
mulai pemijitan payudara dan mengkonsumsi makanan yang bisa menambah
kuantitas dan kualitas ASI. dan tetap berdoa untuk kesehatan anak saya,
serta berusaha untuk menerima keadaan. dan alhamdulillah hanya dua hari anak
saya fesesnya bernoda merah, dan hanya dua minggu saya memberikan sufor,
karena setelah itu ASI saya keluar banyak.
jdi saran saya, jika memang memberikan sufor pada bayi anda, utamakan
kebersihannya, dan saya sarankan untuk jangan memberi MPASI terlebih dahulu,
karena kondisi setiap bayi terutama masalah pencernaannya berbeda2 ada yang
sudah siap menerima pada 4bulan pertama ada juga yang belum siap. dan hnya
saran saja lebih baik diutamakan mengkonsumsi ASI terlebih dulu.
mohon maaf jika kurang berkenan

salam
ummu fatih

Kirim email ke