Cuma ingin berbagi informasi saja...  Sebelum anak saya lahir saya sudah
survai-survai dan cari-cari informasi tentang Asuransi Pendidikan maupun
Tabungan Pendidikan. Beberapa Produk asuransi saya pelajari hingga ke asuransi
yang berbentuk investasi. Intinya sih semua produk tersebut bagus bu, tapi kok
Setelah saya pertimbangkan akhirnya saya menggunakan Tabungan Pendidikan BNI
saja. Kebetulan sebelumnya saya memiliki tabungan BNI UTAMA (BNI Syariah).

Beberapa Aturannya adalah :
- Lamanya menabung di BNI pendidikan bisa kita pilih sendiri misal selama 6
tahun, 10 tahun, dll
- Kita bebas memilih platfon jumlah yang akan ditabung ke BNI pendidikan tiap
bulannya, misalnya 100rb, 200rb, 350rb tiap bulan, dan bank secara otomatis
akan memotong dari saldo tabungan BNI utama kita oleh sebab itu kita di
haruskan agar MEMILIKI TABUNGAN BNI UTAMA dulu sebelum mendaftarkan BNI
pendidikan, tabungan BNI pendidikan-nya nanti atas nama Anak kita.
- (Kalau ndak salah) melampirkan akte kelahiran anak
- Bunga lebih tinggi karena memang sebenarnya ini seperti investasi yang tidak
boleh di ambil sebelum masa perjanjian selesai.
- Mendapatkan Asuransi Gratis sampai masa perjanjian selesai (Asuransi
kecelakaan atas nama pemilik tabungan BNI UTAMA). Bila kita ingin menambahkan
fungsi asuransi di tambahkan-TIDAK GRATIS (misal untuk perlindungan kesehatan,
dll) maka jumlah platfon yang akan masuk ke tabungan pendidikan itu akan di
potong sesuai platfon Asuransinya.
- Bila masa perjanjian telah selesai maka semua saldo di BNI pendidikan akan
masuk ke BNI UTAMA anda.
- Perjanjian akan gugur bila saldo tabungan BNI UTAMA anda tidak mencukupi
sehingga BNI pendidikan tidak dapat mendebet langsung selama 3 bulan
berturut-turut.... Tidak ada pinalti, bila perjanjian gugur maka otomatis semua
saldo di tabungan pendidikan akan langsung masuk ke BNI UTAMA anda, dan
perjanjian selesai sehingga anda tidak mendapat perlindungan asuransi lagi dan
otomatis tidak mendapat bunga untuk BNI Pendidikannya.

Menurut saya inilah tabungan yang aman, karena kita sebagai nasabah di beri
perlindungan dan bila ternyata di tengah jalan (selama masa perjanjian) kita
tidak mampu lagi membayar (menyetor) ke rek BNI pendidikan selama 3 bulan
berturut-turut, maka semua saldo+bunga yang berada di BNI Pendidikan akan masuk
ke rekening BNI utama anda dan perjanjian selesai.

Saya tidak tau rule-nya untuk Bank lain, untuk lebih jelasnya silahkan ibu
hubungi bank terkait. Semoga membantu dan Maaf kalau penyusunan kata-kata saya
sulit di mengerti

Salam
Ryan
http://ratdix.wordpress.com