From: A. Christine [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, November 12, 2003 3:07 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Jalan Jinjit

Dear Mamanya Reyhan,

Kaki jinjit sepertinya normal untuk anak yang baru belajar, soalnya anakku
juga seperti itu. Sekarang anakku 10 bulan 3 minggu sudah bisa berjalan
sendiri dan jinjit kakinya sudah mulai berkurang sejak 1 minggu yang lalu.

Sepertinya perkembangan tiap anak berbeda satu dengan yang lain, mungkin
Reyhan memang nggak pake merangkak tapi langsung jalan:-) Mungkin kebetulan
aja, anakku memang harus pake fase duduk, merangkak, terus jalan.

Grüß,
A. Christine

Moms & Dads terima kasih atas sharingnya. Jadi "agak" lega.
Tapi ... ada pertanyaan tambahan, boleh kan ? :)

Reyhan itu "minta" jalan/dititah tanpa melewati fase merangkak dulu.
Jadi kalau di kasur dia saya tengkurapkan menopang badannya dengan tangan
dan kakinya dengan posisi merangkak pun dia belom bisa. Apa lantaran terlalu
berat yaa? Beratnya saat ini 10,5 kg utk usia 11 bulan. Normal nggak sih?
Apa normal juga, tahapan anak belajar jalan tanpa melewati tahapan merangkak
terlebih dahulu.
Reyhan biasanya mengeksplorasi kasur dengan cara berguling. Merangkak dia
nggak bisa. Padahal sejak usia beberapa hari, tidurnya selalu tengkurap.
Eh sekarang malah minta jalan. Padahal tahapan perkembangan motorik bayi kan
: duduk, merangkak, baru jalan. Bagaimana nih?