thanks mommynya Nic, tapi saya pernah baca kalo ASI itu di suhu ruang cuma tahan paling lama 3 jam, itu juga kalo suhunya sekitar 18 derajat, maaf kalo ternyata saya salah. Nah masalahnya tetangga saya ada juga yg susu formula nya itu sekali buat banyak dan anaknya berjam2 ngabisin susu itu, jadi anaknya itu bisa sampe 3 kali bangun tidur baru habis, dan anaknya itu nggak ada masalah apa2.  Fauzan kalo minum susu formula itu saya buatin 60 ml doang, sesuai takaran terkecil, baru habis sekitar 5 jam, setiap 2 jam masa cuma minum 20 ml-an, aduh gimana ya, saya jadi pusing.....masa tiap 2 jam setengah ngebuang 40 ml susu, soalnya kalo mau dibuatin 20 ml aja saya nggak tau takarannya....

-------Original Message-------

Date: Thursday, November 13, 2003 10:09:04 AM
Subject: Re: [balita-anda] Expiry Susu Formula

Bunda Fauzan,

As I know, kalo ASI itu tahan sampai 5-6 jam suhu ruangan. Tapi kalo susu formula cuma tahan 3 jam suhu ruangan. Biasanya kalo susu formula Nic cuma aku batasin sampai 2 jam setengah. Makanya kalo bikin susu formula, biasanya gak banyak2, kalo kurang baru nambah. Kadang kalo pas bikin susunya kepanasan, saya simpan di lemari es, tahan sampai 24 jam, dengan catatan belum tersentuh air liur anak.

Semoga membantu...

Nic's mommy