Hi mbak Endang,

Saya belum pernah mengalami, tapi dari teori yang ada kondisi letak plasenta
pada kehamilan itu ada beberapa tipe:
- Plasenta previa totalis: secara total menutupi jalan lahir - caesar is the
only option
- Plasenta previa partialis: sebagian plasenta yang menutupi jalan lahir
- Plasenta previa marginalis: hanya bagian tepi plasenta yang menutupi jalan
lahir
- Low-lying placenta: letak plasenta rendah, hanya beberapa cm/mm dari tepi
jalan lahir.

Pada tiga options terakhir masih bisa dilakukan persalinan normal, walau
tetap masih ada resiko perdarahan.
Jadi mungkin, mbak konsultasikan lebih intens dengan DSOG nya, kira2 tipe
yang mana yang sedang terjadi dalam rahim mbak.  At least, mbak punya
gambaran umum untuk kondisi plasenta dan proses persalinan kelak.

Pada masa kehamilan, posisi plasenta karena satu dan lain hal bisa saja
'bergeser' dan (calon) ibu bisa merencanakan persalinan normal.  Kalau pun
sampai menjelang persalinan belum juga ada perubahan, kadang saat terjadinya
pembukaan - saat bentuk mulut rahim mulai berubah, ini pun bisa membuat
plasenta jadi 'bergeser' dan keputusan untuk tipe proses persalinan yang
mana yang dipilih bisa berubah lagi anytime.

Meanwhile, selain konsultansi intens dengan DSOG-nya, seperti yang sudah
disarankan bunda Fadh: perbanyak istirahat dan jangan terlalu lelah dan
jangan kebawa stress ;)

Letak plasenta yang rendah rentan dengan perdarahan.  Karena masih sekitar
12 mingguan untuk bersalin, upayakan sebisa mungkin untuk tidak mengalami
bleeding.  Resiko bleeding yang tidak bisa diantisipasi bisa membuat DSOG
terpaksa memutuskan persalinan lebih awal.

Anyway, take care and enjoy your pregnancy ya, mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke