From: Dian_Wahyuni [mailto:dian_wahy...@telkomsel.co.id]
Sent: Friday, November 06, 2009 2:29 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: RE: [balita-anda] Ari-2 dibawah

Waktu kehamilan ke2, placenta saya juga dibawah..
Waktu awal dr juga bilang kemungkinan sejalan dgn bertambah usia kehamilan
mudah-2an bisa lahir normal.
Sebenarnya placentanya tidak bergeser, tapi kemungkinan tumbuhnya melebar
kearah atas, sehingga tidak menutupi jalan lahir. Kalo jalan lahir tidak
terlalu tertutup lahir normal masih bisa diusahakan.

Jangan terlalu cape, kalo dr menyarankan bedrest harus benar-2 bedrest...
memang berat, tapi demi anak...
Pengalaman saya, gara-2 ga bisa diem, dan bosen tiduran terus... akhirnya
anak saya lahir usia 8 bulan.
Waktu Usia 5 bulan gara-2 terlalu cape, saya masuk rumah sakit akibat
pendarahan cukup banyak bahkan disertai rembesan air ketuban. Bedrest sama
sekali tdk boleh turun tp tidur selama 5 hr. Diinfus penguat, dll
Kalo flek-2 sedikit-2 hampir setiap hari ada mba, jajdinya was-was terus.
Bedrest dirumah, seringnya sih bandel, judulnya bedrest tapi bersih-2 rak,
beresin lemari, dll, sampe puncaknya beresin gudang..... hehehe bandel yaa..

Usia 8 bulan masuk RS lagi, karena pendarahan lagi, tidak sebanyak
sebelumnya.
Dokter mulai memberi isyarat kalo darah terus keluar artinya harus di
Caesar.
Rawat 5 hari nggak lepas dari infuse penguat, dr sudah mulai menyuntikan
penguat paru untuk bayi jaga-2 siapa tahu terpaksa dilahirkan.

Hari ke-5 di RS pendarahan berhenti, dokter memutuskan untuk cabut infuse,
observasi seharian, kalo tdk keluar darah lagi boleh pulang.
Ternyata sejak copot infuse darah kembali banyak, sore itu juga dr
memutuskan untuk Caesar, tentunya dgn persetujuan saya dan suami. Dgn
memberitahukan resiko-2 kl bayi blm kuat (masuk ruang NICU dll)

Alhamdulillah, bayi lahir 2,6 kg... nggak masuk ruang NICU / incubator
seperti yg dikhawatirkan...

Semoga membantu..