Hi mbak Meity,

Gimana kondisi anaknya sekarang?  Apa masih sering mimisan juga?  Apa memang
mimisan terjadi saat anak bersin? Tiap kali mimisan, kurang lebih berapa
lama untuk sampai mimisannya berhenti?

Seperti yang disebutkan DSA nya, kadang mimisan memang terjadi karena alergi
atau yang seringnya karena perubahan cuaca yang ekstrim (faktor lain karena
jatuh/terbentur di area muka).  Sementara pembuluh darah di hidung anak
masih kategori 'tipis' (untuk beberapa anak) jadi gampang untuk 'pecah'.

Mungkin saat ini yang bisa dilakukan adalah observe lebih cermat lagi.
Pastikan bahwa mimisan berhenti dalam waktu yang tidak terlalu lama.  Kalau
sampai 15 atau 20 menit belum berhenti juga (or darah yang keluar juga
sangat banyak), bisa segera hubungi RS untuk follow up lebih lanjut.

Pastikan juga anak mengerti untuk tidak memicu mimisan (btw, umur berapa
anaknya, mbak?).  Mis. tidak mengorek hidungnya.  Saat mimisan, pencet
hidungnya dan posisikan dia dalam keadaan menunduk (jangan terlentang agar
tidak tertelan darahnya).  Kompres dengan yang dingin di area seputar hidung
juga bisa membantu.

Seringnya, jika bukan karena terbentur atau jatuh - karena perubahan cuaca
tadi.  Anak aktif bergerak - sementara cuaca saat ini (at least di daerah
saya di Serpong) bisa tiba-tiba panas terik sepanjang siang langsung disusul
hujan deras banget hingga malam/esok harinya.

So, coba cermati lagi kalau mungkin sampai saat ini masih ngalamin mimisan.
Cermati lamanya dan fokus pada pertolongan pertamanya.  Kalau cukup lama
untuk mimisannya berhenti, atau ada gejala lain yang nggak biasa, nggak ada
salahnya konsultasikan lagi dengan ahli medis lainnya.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke