hi   juga mbak sylvi
thanks banget mbak tanggapan dan saranya
:-) :-)

Sylvia Radjawane wrote:
Hi ibunya Ulya,

Rasanya memang ada beberapa points yang harus dicermati tiap kali ngadapin
kasus mimisan:
* Observe cermat - kalau bisa tahu jelas penyebabnya apa.
* Fokus sama pertolongan pertama-nya (redakan mimisan sesegera mungkin)
* Hitung frekuensi dan lamanya perdarahan berlangsung
* Tetap awasi gejala lain yang 'nggak biasa'
* Lakukan tindakan preventif (mis.: kalau udara lagi ekstrim, ajak anak
untuk sering basuh mukanya, lembabkan area hidungnya, minum ice cream/air
dingin, perbanyak makanan/minuman bergizi, bersihkan berkala hidungnya
supaya nggak keseringan dikorek sendiri, dll.)

Bukan hanya kasus mimisan, gejala/sakit apa pun yang mungkin sedang dialami
anak, hasil observasi kita (lebih detail lebih baik) akan sangat berguna
saat kita harus berkonsultasi dengan ahli medis :)

Betul seperti yang mbak lakukan, dalam kondisi begitu pun upayakan untuk
tidak panik di hadapan anak (nggak semudah menulisnya pasti ;))

Thanks for sharing the story, mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi