From: boedoet <boed...@gmail.com>
Date: Thu, 22 Apr 2010 22:00:29
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] bayi 1.5thn srg panas stp sore
saya bantu input aja yah.
asumsinay anak mbak 1,5tahun, berarti sudah tidak bayi lagi...

1. batuk pilek... gejala utama diserang virus.. kenapa pakai obat racikan?
saya jamin pasti didalam racikan itu ada antibiotik, parasetamol, dan anti
alergi.. ketiganya apakah ada manfaatnya?
AB: hanya berfunsi untuk membunuh bakteri... kalau tidak ada bakteri jahat
yang berlebihan (artinya, masih seimbang dengan jumlah bakteri baik), lalu
untuk apa AB?
penggunaan AB yang tidak pada tempatnya justru akan merugikan kesehatan anak
dan sekitar...

2. masih penekanannya pada obat racikan (puyer kan ya? CMIIW). Puyer sudah
tidak disarankan digunakan untuk pengobatan. Karena komposisinya sangat
riskan tidak sesuai dengan tubuh anak.

Tentang obat2an, minta parasetamol aja (bisa panadol atau tempra), dan atau
obat anti alergi (jika memang batuk pileknya akibat alergi). Sekali lagi,
hindari puyer...

3. obatnya hampir habis tapi tidak sembuh2? berarti terbukti bahwa memang
obat2an yg diberikan ke anak mbak adalah tidak pada tempatnya.

4. Sakit flu dan selesma (common cold), disebabkan oleh virus. Birus sendiri
punya usia... sekitar 5 hari akan mati sendiri (CMIIW untuk jumlah
harinya).. virus akan lebih cepat mati kalau:
a. Di lingkungan yg panas. Disinilah gunanya demam. gak usah takut sama
demam, asal kita tau treatmentnya (perbanyak minum).
b. daya tahan tubuh. Selama sakit, hindari kegiatan aktivitas yang tinggi.
Ajak tidur aja sambil dibacain dongeng, atau play low-activities aja... lalu
jaga asupan yang bergizi tinggi. Bisa dibantu dengan makanan/minuman yang
tinggi vitamin C.

Kalau demam diatas 38,5 C, bisa diberikan parasetamol SAJA. Atau kalau
demamnya tidak begitu tinggi tapi anak rewel, boleh diberikan parasetamol.
Jarak oemberian minimal tiap 4 jam.

5. Demam tiap sore. Belum perlu dikhawatirkan. Bisa jadi karena sejak pagi -
siang saat anak baru bangun tidur, badan merasa fit, lalu dia aktif bgt..
ini bisa bikin kondisi anak drop lagi (karena memang belum sembuh).. nothing
to be worried.. tetap aja dipantau..

6. Apa obat yang cocok? sekali lagi, karena kemungkinan besar anak mbak
hanya common cold, tidak ada obat yang bisa menyembuhkan. Obat batukpun
sudah tidak disarankan, karena obat batuk cenderung hanya untuk menekan
reflek batuk, dan ini for some cases justru membahayakan. Batuk juga salah
satu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan dahak agar dahak di paru2 menjadi
bersih
Obat batuk baru sangat disarankan kalau batuknya sudah demikian parah
sampai2 anak tidak bisa istirahat.

7. Untuk mempercepat pengeluaran dahak, saya pernah share terapi uap
dirumah. Bongkar2 lagi yah arsip milis ini.

Thx, maaf kalau tidak bisa membantu banyak. Semoga cepet sembuh yaaa...

-b-