From: "Dwi CH" <d...@sumitronics.co.id>
Date: Fri, 23 Apr 2010 11:26:26
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: RE: [balita-anda] Q: aktivasi otak tengah? [article]
Saya punya articlenya dari milis sebelah.
BTW, ktnya dah ada contohnya salah satunya Deddy Corbuzer & Tommy Rafael
Ke-2nya adalah pesulap. Jd kesimpulannya, kalo para mom & dad mau anaknya
jadi pesulap, silahkan saja ikut. Tp Allhamdullilah anak2 sy gak punya cita2
jadi pesulap.

Hati2 ya mom & dad, takutnya ini adalah salah satu modus penipuan terbaru.

Rgd,
Dwi CH [Aldi, Wisnu & Bintang Mom]

MENGAKTIFKAN OTAK TENGAH  Jalan menuju Genius
FAQ (Frequently Asked Questions)
1. Apa itu "midbrain" (mesencephalon) dan apa tujuan mengaktifkan otak
tengah?
Otak tengah adalah jembatan untuk menghubungkan dan menyeimbangkan fungsi
otak kiri dan kanan. Mengaktifkannya akan memungkinkan baik otak kiri maupun
kanan berfungsi secara normal. Pengaktifan otak tengah mengembalikan
kekuatan otak pada keadaan semulanya.
2. Apakah manfaat dari pengaktifan otak tengah?
Ketika otak tengah diaktifkan , anak anda akan memiliki akses yang mudah ke
baik otak kiri maupun kanan. Dengan akses mudah ini, mereka akan belajar,
membaca dan mengahafal benda-benda dalam kecepatan yang lebih cepat dan
dengan demikian meningkatkan keyakinan, minat dan konsentrasi mereka dalam
belajar.
3. Apakah tujuan dari penutupan mata dengan kain?
Dapat melihat ketika mata ditutup merupakan fenomena bagi mereka yang otak
tengahnya telah diaktifkan. Oleh karenanya BFR adalah cara untuk membuktikan
kepada orang tua bahwa otak tengah telah diaktifkan.
4. Bagaimana kursus dilaksanakan?
GMC tidak menggunakan kekuatan supernatural, meditasi dan hipnosis di dalam
kelas. Kursus murni pendidikan secara alami. Murid harus bekerjasama untuk
memperoleh manfaat darinya. Dalam 1 hari materinya adalah sebagai berikut:
. Bagaimana masuk ke dalam "Keadaan Genius" dari pembelajaran.
. Pengaktifan otak tengah
. Menggunakan BFR
. Pembinaan keyakinan dan meningkatkan konsentrasi
. Membaca cepat dan konsep pemetaan otak dasar (mind mapping).
5. Apakah orang tua diperbolehkan selama kursus?
Murid-murid perlu memberikan konsentrasi dan perhatian penuh dalam kelas.
Oleh karenanya, orang tua tidak diijinkan berada di dalam kelas untuk
mengurangi gangguan terhadap anak-anak. Orang tua diundang untuk menghadiri
"brifing" pada akhir sesi pada hari pertama dan kedua.
6. Apakah manfaat mengikuti Metode "Blindfold Reading"?
Sebagian besar anak-anak mengalami peningkatan dalam ingatan, konsentrasi,
kreativitas, persepsi dan stabilitas emosi. Ketika mereka tumbuh, hormonnya
akan seimbang dan memiliki kesehatan yang baik.
7. Apa peranan orang tua dalam BFR?
Orang tua harus mengarahkan dan mendorong anak-anak mereka untuk latihan
selama 10-15 menit tiap hari. Mereka harus positif, mendorong dan melakukan
latihan untuk waktu yang menyenangkan bersama. Kebahagiaan merupakan kunci
untuk pengaktifan otak tengah. Ini penting untuk dicatat bahwa anak-anak
mereka telah latihan sebelum belajar. Latihan BFR akan menjadi kegiatan
sepanjang hidup sebab ini jalan menuju genius.
8. Apakah otak tengah ditutup setelah kegiatan?
Untuk mencegah agar otak tengah tidak tertutup kembali, anak-anak
membutuhkan latihan 10-15 menit sekurang-kurangnya tiga kali seminggu.
Paling baik latihan tiap hari, seperti persiapan latihan sebelum belajar.
Bahkan ketika anak-anak masuk universitas, mereka perlu melakukan hal yang
sama. Ini tugas sepanjang hidup untuk melatih otak tengah agar tetap aktif.
9. Apa itu "Blindfold Reading Method?"
"Blindfold Reading Method" merupakan cara yang didisain untuk mengaktifkan
kemampuan otak tengah yang dapat menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan.
10. Pangujian Standar Blindfold Method
Selesai kursus 1 hari, anak kita akan diuji dengan menutup mata mereka untuk
"melihat" dan "membaca" tanpa menggunakan mata telanjang. Ini adalah karena
setelah otak tengah diaktifkan satu fenomena akan terjadi yaitu anak-anak
kita dapat "melihat" dan "membaca" walaupun mata mereka ditutup dengan kain.
Latihan selanjutnya yaitu otot-otot mata dan tangan akan mengaktifkan lagi
kemampuan seperti semula. Anda hanya perlu melatih anak-anak anda selama 15
menit saja setiap hari.
11. Manfaat "Blindfold Reading Method"
Banyak ilmuwan telah memberikan penjelasan teori tentang fungsi-fungsi otak
kiri dan otak kanan. Menurut penyelidikan yang mutakhir, manusia yang otak
kanan dominan akan memproses informasi dan bereaksi dengan cara yang
berlainan. Kebanyakan teori mengatakan bahwa siapa saja yang otak kanannya
dominan akan bersifat emosional dan bertindak dengan mengikuti perasaan,
serta suka menghayal. Apabila otak kiri yang dominan akan bereaksi secara
lebih logis. Murid-murid yang otak kirinya dominan akan menunjukan sifat
yang lebih teratur. Mereka akan menganalisa informasi serta memprosesnya
secara teratur. Selain dari pada itu, murid-murid yang otak kirinya dominan
lebih berhati-hati dan mengikuti peraturan, menunjukkan kemampuan yang kuat
dalam matematik dan ilmu serta dapat menjawab persoalan dengan cepat. Dengan
demikian, kepribadian seseorang itu akan ditentukan oleh jenis dominan otak
kita.
12. Bagaimanakah dengan pelajar yang otak tengahnya dominan?
Mereka akan menunjukkan sifat yang seimbang antara otak kiri dan otak kanan.
Maka, kemampuan "otak tengah merupakan rahasia menuju sukses. " Otak tengah
berfungsi seperti pusat kendali untuk otak kiri dan otak kanan dan kemampuan
seperti semulanya dapat menonjolkan lagi kehebatan otak manusia.
Keistimewaannya adalah:
. Meningkatkan kemampuan pengingatan
. Dapat mendorong perhatian
. Kreatif
. Mengimbangkan hormone
. Kestabilan emosi
Menutup mata murid-murid hanyalah untuk menunjukkan bahwa otak tengah
seorang murid telah diaktifkan. Tujuan kami bukanlah menutup mata. Menutup
mata hanya tahap pertama dimana murid-murid itu belajar konsentrasi.
Murid-murid tidak perlu membalut mata apabila telah mencapai tahap yang
tinggi.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan
Mengapa dapat melihat dengan menutup mata? Dapatkah melihat setan?

Gelombang otak yang dipancarkan oleh midbrain dapat membuat orang melihat
dengan menutup mata. Setan tidak memiliki wujud; gelombang otak tidak dapat
merasakannya, sehingga setan tidak terlihat.
Mengapa midbrain dapat tertutup?
Karena tekanan dan kesedihan. Kesedihan merusak otak; sedang-kan rasa
gembira membuka otak. Bila belum memasuki dominasi midbrain, setelah
diaktifkan dapat tertutup kembali. Sehingga memerlukan latihan yang sering
untuk memasuki kondisi terdominasi oleh midbrain.
Apakah interbrain setiap anak dapat diaktifkan?
Ada hambatan apa saja?
Berdasarkan catatan pelajaran GMC, midbrain pada sekitar 70-80% anak, pada
pelajaran pertama dapat berhasil diaktifkan. Asalkan anak tersebut memiliki
jiwa yang sehat dan bersedia bekerjasama, dengan usia antara 5-12 tahun,
midbrain dapat diaktifkan. Hambatan dalam mengaktifkan midbrain antara lain
adalah: tekanan, ketakutan, kurang percaya diri, curiga, tidak mau menerima,
berpikir yang tidak-tidak dan lain sebagainya.
Bila anak kita memiliki hambatan tersebut diatas, bagaimanakah
penanganannya?
Orang tua dan anak perlu membangun hubungan dan komunikasi yang baik; saling
membantu mengatasi hambatan. Menyemangati anak untuk secara rileks mengikuti
pelajaran aktivasi. Bila diperlukan, dapat meminta wakil dari GMC untuk
membantu. Bila aktivasi pertama kali tidak berhasil, mohon tidak langsung
putus asa dan terus melanjutkan pelatihan.
Setelah midbrain anak diaktifkan, apakah dapat menyebabkan gegar otak karena
terlalu banyak menggunakan daya otak?
Tidak dapat; setelah midbrain teraktivasi, anak akan menggu-nakan tiga otak
secara seimbang; sehingga tidak terjadi gegar otak. Metode untuk
mengaktifkannya menggunakan teknik alami seperti suara, musik, warna,
suasana dan lain sebagainya; tidak ada faktor dari luar yang dimasukkan
kedalam tubuh (seperti minum obat, suntikan, menggunakan gelang listrik pada
kepala dan lain sebagainya). Tubuh dan otak anak masih sama seperti pada
awalnya. Sebaliknya, orang yang midbrainnya belum teraktivasi hanya
menggunakan sebagain kecil dari otak kiri-nya; sehingga dapat mengakibatkan
terlalu keras menggunakan daya otak.
Pelajaran dan pelatihan kecerdasan semacam ini meliputi apa saja? Perlu
mengeluarkan berapa banyak biaya untuk mengikuti pelatihan kecerdasan ini?
Selain mengaktifkan interbrain, pelajaran satu setengah hari juga
mengajarkan "mind mapping", "speed reading", "excellence learning" dan lain
sebagainya kepada anak; sehingga anak lebih santai dan gembira dalam
membaca. Sebenarnya ini merupakan pelajaran yang paling murah di pasaran;
pelajaran lainnya (piano, kesenian dan lainnya) memerlukan waktu yang
panjang dan biaya yang lebih banyak. Mengaktifkan midbrain hanya memerlukan
satu setengah hari; seumur hidup tetap berguna.