From: Arief Hidayat <arief.merp...@gmail.com>
To: balita-anda@balita-anda.com
Sent: Wed, April 28, 2010 11:02:45 AM
Subject: Re: [balita-anda] Cesar & Resikonya ??

berikut artikel tentang resiko sectio
mudah2an bisa membantu
Arief H

dari

*http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2007/06/bahayanya-sectio-caesar*

Sedangkan kerugian tindakan ini dapat menimpa baik ibu maupun bayi yang
dikandungnya. Kerugian yang dapat menimpa *ibu* antara lain :

1. Risiko kematian empat kali lebih besar dibanding persalinan normal.

2. Darah yang dikeluarkan dua kali lipat dibanding persalinan normal.

3. Rasa nyeri dan penyembuhan luka pascaoperasi lebih lama dibandingkan
persalinan normal.

4. Jahitan bekas operasi berisiko terkena infeksi sebab jahitan itu
berlapis-lapis dan proses keringnya bisa tidak merata.

5. Perlekatan organ bagian dalam karena noda darah tak bersih.

6. Kehamilan dibatasi dua tahun setelah operasi.

7. Harus dicaesar lagi saat melahirkan kedua dan seterusnya.

8. Pembuluh darah dan kandung kemih tersayat pisau bedah.

9. Air ketuban masuk pembuluh darah yang bisa mengakibatkan kematian
mendadak saat mencapai paru-paru dan jantung.

Sedangkan kerugian yang dapat menimpa *bayi* antara lain :

1. Risiko kematian 2-3 kali lebih besar dibandingkan dengan bayi yang lahir
melalui proses persalinan biasa.

2. Cenderung mengalami sesak napas karena karena cairan dalam paru-parunya
tidak keluar. Pada bayi yang lahir normal, cairan itu keluar saat terjadi
tekanan.

3. Sering mengantuk karena obat penangkal nyeri yang diberikan kepada sang
ibu juga mengenai bayi.

Melihat risiko-risiko diatas, tentu akan lebih bijaksana bagi seorang ibu
untuk tidak memilih melakukan tindakan operasi bila dapat melahirkan secara
alamiah, hanya karena khawatir akan sakit saat proses melahirkan. *Perlu
diingat bahwa tindakan sectio caesar harus menjadi pilihan terakhir dalam
memutuskan proses melahirkan yang akan dilakukan.* Pemeriksaan dini dan
teratur dalam masa kehamilan akan sangat membantu dalam mempersiapkan proses
melahirkan yang aman dan nyaman bagi sang ibu.

Referensi:

Keterampilan Dasar Obstetri Ginekologi.Bagian Obstetri Ginekologi Fakultas
Kedokteran Unika Atmajaya Jakarta

**www.litbang.depkes.go.id** <*http://www.litbang.depkes.go.id/*>*
*www.republika.co.id** <*http://www.republika.co.id/*>* *

Kirim email ke