Hi mbak Puji,

Waah, sudah hampir 'setengah jalan' ya menuju hari persalinan :)

Biasanya gerakan janin bisa dirasakan ibunya dalam usia kandungan yang
bervariasi, mbak.  Saya berkali-kali merasakan gerakan anak2 saya di dalam
perut tidak dalam waktu yang sama.

Tapi umumnya, usia kandungan 20 minggu ke atas, gerakan seperti ini mulai
jelas kerasa, nggak heran karena di usia itu, janin di dalam rahim kita
sudah mulai 'lebih lincah' beraktivitas :)
Makin nambah usia kandungannya, kadang diselingi juga dengan janin yang
'cegukan' di dalam rahim.  Baru nanti intensitas gerakannya akan semakin
jarang karena sudah tambah besar bobotnya dan terbatas dengan ruang di rahim
kita (walau tetap di trimester ke-3 nanti, make sure gerakan janin tetap
terdeteksi secara periodik dalam seharinya).

Kalau bukan kehamilan ke-1, memang ibu hamil kadang lebih gampang
'mendeteksi' gerakan janin.  Salah satu faktornya karena memang kita sudah
lebih 'alert dan familiar dengan sensasinya.

18 weeks pregnant .. enjoy your 'comfortable' and 'energetic' pregnancy ..
as long as you can :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke