Betul bu itu dasar yg aku pake..
Kebetulan juga aku dah pernah suntik meningitis, pd awal tahun..

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Gopina Goham <alfin.b...@gmail.com>
Date: Thu, 10 Jun 2010 11:25:28
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] usia aman perjalanan jauh
Lengkapnya lagi di bawah. Sori, gak nemu link si SKB itu sendiri :D

Berikut adalah isi ringkasan *Keputusan Bersama Menteri Agama Republik
Indonesia dan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI Nomor : 458
Tahun 2000 Nomor:1652.A/MENKES-KESOS/SKB/XI/2000 tentang Calon Haji Wanita
Hamil untuk melaksanakan Ibadah Haji.*

*Pasal 1*

Yang dimaksud dengan calon haji wanita hamil adalah calon haji wanita
berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan tes positif hamil.

*Pasal 2*

Calon haji wanita hamil yang diizinkan untuk menunaikan ibadah haji harus
memenuhi persyaratan :

a. Telah mendapat suntikan vaksinasi meningitis paling lama 2 tahun sebelum
keberangkatan haji dengan bukti International Certificate of Vaccination
(ICV) yang sah.

b. Pada saat berangkat dari embarkasi usia kehamilan mencapai
sekurang-kurangnya 14 (empat belas) minggu dan sebanyak-banyaknya 26 (dua
puluh enam) minggu.

c. Tidak tergolong dalam kehamilan risiko tinggi, baik untuk ibu serta
janinnya, yang dinyatakan dengan surat keterangan dari dokter spesialis
kebidanan dan penyakit kandungan yang memiliki surat izin praktik.

d. Menyerahkan surat Pernyataan tertulis di atas kerta bermaterai yang
ditandatangani oleh yang bersangkutan dan diketahui oleh suaminya atau pihak
keluarga yang lain sebagaimana contoh Formulir terlampir.

*Pasal 3*

Apabila jemaah haji wanita hamil sebagaimana dimaksud dalam pasal 2
melahirkan di perjalanan atau Arab saudi, maka ia harus menanggung biaya
melahirkan dan tiket pesawat bayinya kembali ke tanah air.

Kirim email ke