Bukan cuci darah, tapi transfusi darah. Thalassemia ada yang minor ada yang
major. Yang minor masih bisa hidup normal bahkan jadi atlet terkenal, e.g.
Pete Sampras, petenis dengan 14 gelar grand slam, dia penderita thalassemia
minor.

Ini untuk pencegahannya:

Untuk mencegah terjadinya talasemia pada anak, pasangan yang akan menikah
perlu menjalani tes darah, baik untuk melihat nilai hemoglobinnya maupun
melihat profil sel darah merah dalam tubuhnya. Peluang untuk sembuh dari
talasemia memang masih tergolong kecil karena dipengaruhi kondisi fisik,
ketersediaan donor dan biaya. Untuk bisa bertahan hidup, penderita talasemia
memerlukan perawatan yang rutin, seperti melakukan tranfusi darah teratur
untuk menjaga agar kadar Hb di dalam tubuhnya ± 12 gr/dL dan menjalani
pemeriksaan ferritin serum untuk memantau kadar zat besi di dalam tubuh.
Penderita talesemia juga diharuskan menghindari makanan yang diasinkan atau
diasamkan dan produk fermentasi yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi
di dalam tubuh. Dua cara yang dapat ditempuh untuk mengobati talasemia
adalah transplantasi sumsum tulang dan teknologi sel
punca<http://id.wikipedia.org/wiki/Sel_punca>
 (*stem cell*)[6] <http://id.wikipedia.org/wiki/Thalasemia#cite_note-5>.
Pada tahun 2009, seorang penderita talasemia dari India berhasil sembuh
setelah memperoleh ekstrak sel punca dari adiknya yang baru lahir.