Hi mbak Ica,

Coba re-post salah satu info FAQ tentang Thalasemia ya :)

hope that helps,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

http://www.mail-archive.com/balita-anda@balita-anda.com/msg180127.html

Hi mbak Wiwi,

Kebetulan di arsip saya ada salah satu FAQ tentang Thalassemia.  Saya coba
posting ya.  Mungkin info lebih jauh bisa di-search di websitenya:
http://www.thalassemia.org/sections.php?sec=1

hope that helps,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 14-week-'bump'

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

*Thalassemia FAQ*
(translated by Sylvia Radjawane)
http://www.thalassemia.org/sections.php?sec=1&tab=6&sub=24

* Apa itu Thalassemia?
Thalassemia adalah dari kumpulan penyakit kelainan darah secara genetis.

* Bagaimana Thalassemia mempengaruhi kondisi tubuh manusia?
Thalassemia terjadi karena adanya ketidakseimbangan produksi hemoglobin,

komponen pengangkut oksigen dalam sel darah merah.

* Apakah gejala Thalassemia?
Bergantung pada berat ringannya kategori Thalassemia yang dialami pasien,
gejala yang mungkin muncul mulai dari anemia yang membuat lemah bahkan

mengancam kehidupan hingga pada tidak munculnya gejala yang kentara sama
sekali.

* Apakah Thalassemia sama dengan 'kurang darah'?
Sebagian besar orang yang didiagnosa sebagai 'kurang darah' mengalami anemia

karena kekurangan zat besi dalam tubuhnya, kadang diobati dengan suplemen
zat besi, adakalanya bahkan membutuhkan transfusi darah. Gejala 'anemia'
yang disebabkan Thalassemia lebih serius sifatnya, disebabkan oleh

ketidakseimbangan hemoglobin pasien yang menyebabkan fungsi hemoglobin
sebagai pengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh jadi terganggu. Dan
kondisi 'anemia' ini tidak dapat diobati hanya dengan mengonsumsi suplemen

zat besi.

* Apakah jenis pengobatan untuk Thalassemia?
Sekali lagi, ini bergantung pada kategori Thalassemia yang Anda derita. Jika
Anda mengalami Thalassemia minor dan termasuk penderita Thalassemia
'carrier', Anda bahkan tidak mengalami gejala apa-apa dan tidak membutuhkan

perawatan medis.
Penderita 'Thalassemia Intermedia' mungkin membutuhkan transfusi sel darah
merah dengan frekuensi yang bergantung pada berat-ringannya 'anemia' yang
diderita. Penderita 'Thalassemia Major' harus menjalani transfusi sel darah

merah setiap 2 – 3 minggu sekali.

* Pada usia berapa penderita Thalassemia mulai menjalani transfusi darah?
Hal ini bergantung dari sejumlah faktor yang diperhitungkan oleh ahli medis
dan keluarga penderita, termasuk kondisi kadar hemoglobin pasien,

pertumbuhan fisiknya, usia, perubahan/kelainan bentuk tulang yang mungkin
dialaminya, dan pembesaran organ limpa yang mungkin dialaminya.
Secara umum, sebagian besar penderita 'Thalassemia Major' mulai rutin

menjalankan transfusi darahnya sebelum ulang tahunnya yang ke-2. Ada
beberapa kasus di mana pasien 'Thalassemia Major' termuda mulai menjalani
prosedur transfusi saat usianya sekitar 6 bulanan.

* Seberapa sering penderita Thalassemia menjalani transfusi darah?

Sekali lagi, ini bergantung pada faktor-faktor medis, seperti: tingkat
hemoglobin pasien. Untuk para penderita 'Thalassemia Major' di USA transfusi
sebanyak 1-2 unit kantong darah setiap 2-3 minggu adalah normal. Penderita

'Thalassemia Intermedia' bahkan memiliki frekuensi transfusi kurang dari
itu.

* Di manakah transfusi darah dilakukan?
Sebagian besar penderita Thalassemia menjalankan transfusi darah di
klinik-klinik Hematologi atau di Rumah Sakit.

* Penanganan medis apalagi yang dibutuhkan seorang pasien Thalassemia?
Pasien Thalassemia yang menerima transfusi darah secara rutin umumnya
mengalami kondisi yang biasa disebut 'iron overload' (kelebihan zat besi

dalam tubuh), di mana zat besi dari sel darah merah yang ditransfusikan ke
dalam tubuh pasien membentuk timbunan dalam jaringan dan organ tubuh pasien
dan dapat menyebabkan kerusakan organ dan kematian lebih dini jika dibiarkan

tak tertangani. Untuk mengeluarkan kelebihan zat besi ini, pasien
Thalassemia menjalani pula terapi obat yang dikenal dengan nama 'chelation
therapy'.

* Apakah yang dimaksud dengan 'chelation therapy'?

Secara umum, 'chelation therapy' adalah jenis terapi obat yang membantu
tubuh 'membebaskan diri' dari kelebihan kadar zat besi dalam tubuh. Saat
ini, obat-obatan yang direkomendasi oleh FDA (Food and Drug Administration)

dalam 'chelation therapy' ini hanyalah Desferoxamine, dikenal dengan nama
dagang _Desferal. _Desferal diberikan kepada pasien lewat metoda pengobatan
menggunakan jarum yang ditusukkan lewat pembuluh darah (infus) selama 8-12

jam menggunakan semacam pompa baterei.

* Adakah alternatif lain selain metode 'chelation therapy'?
Para ahli riset sedang mengupayakan jenis 'chelator' lain bisa lebih
mengurangi frekuensi infus, juga jenis 'chelator' yang dapat diberikan

secara oral. Akan tetapi, metode alternatif ini masih dalam tahap
eksperimen.

* Sampai kapan seseorang harus menjalani terapi untuk Thalassemia?
Thalassemia adalah kondisi seumur hidup, sehingga terapinya pun dilakukan

selama hidup.

* Bagaimana kualitas hidup pasien Thalassemia?
Kualitas hidup pasien Thalassemia jauh lebih baik dibandingkan 25 tahun
lalu, sebelum adanya metoda transfusi darah modern yang terus berkembang,

juga 'chelation therapy'. Tidak sedikit para pasien Thalassemia yang dapat
menyelesaikan pendidikannya dan bahkan mulai hidup berkeluarga.

* Adakah kemungkinan sembuh untuk penderita Thalassemia?
Secara teknik, sangat mungkin untuk mengakhiri ketergantungan pasien

Thalassemia dengan transfusi darah, yaitu melalui transplantasi sumsum
tulang (BMT – Bone Marrow Transplantion) yang berhasil. Hanya, sulitnya
mencari 'donor' yang sesuai dengan kondisi pasien membuat prosedur BMT ini

menjadi tidak realistis bagi banyak pasien Thalassemia.

* Adakah potensi kesembuhan lainnya untuk penyakit Thalassemia yang sedang
dikembangkan?
Ya. Para ahli riset sedang mengembangkan metode penyembuhan berpotensi yang

menjanjikan, termasuk metode 'terapi transfer gen' dan 'produksi hemoglobin
tingkat janin'.

Kirim email ke